Search for collections on Undip Repository

Pengaruh Celebrity endorser dan Media Sosial di Instagram Terhadap Keputusan Pembelian Smartphone Merek Xiaomi Konsumen Berdomisili di Kota Semarang

YULIANA, ANITA DHARMA (2024) Pengaruh Celebrity endorser dan Media Sosial di Instagram Terhadap Keputusan Pembelian Smartphone Merek Xiaomi Konsumen Berdomisili di Kota Semarang. Undergraduate thesis, FAKULTAS ILMU SOSIAL DAN ILMU POLITIK.

[img] Text
cover_anita.pdf - Submitted Version
Restricted to Repository staff only

Download (913kB)
[img] Text
Bab 1_anita.pdf - Submitted Version

Download (546kB)
[img] Text
Bab 2_anita.pdf - Submitted Version

Download (411kB)
[img] Text
Bab 3_anita.pdf - Submitted Version
Restricted to Repository staff only

Download (540kB)
[img] Text
Bab 4_anita.pdf - Submitted Version

Download (156kB)
[img] Text
Daftar pustaka_anita.pdf - Submitted Version

Download (207kB)
[img] Text
Lampiran_anita.pdf - Submitted Version
Restricted to Repository staff only

Download (1MB)

Abstract

Dalam sebuah kegiatan usaha, perusahaan pastinya selalu ingin menggunakan cara
terbaik untuk merebut serta mempertahankan pangsa pasarnya. Memberikan sebuah
informasi tentang produk adalah salah satu cara perusahaan untuk menarik perhatian
calon konsumennya. Perusahaan pada umumnya akan melakukan segala cara guna
meraih ruang di dalam pikiran konsumen. Cara ini dilakukan untuk menarik perhatian
konsumen dan mampu menciptakan signal positif kepada konsumen yang mana pada
akhirnya konsumen memutuskan untuk melakukan pembelian. Berbagai cara ditempuh
oleh perusahaan agar produknya mampu diminati oleh konsumen, salah satu caranya
dengan beriklan menggunakan celebrity endorser dan media sosial digunakan untuk
memberikan informasi kepada calon konsumen sehingga konsumen melakukan
keputusan pembelian terhadap produk yang ditawarkan.
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh celebrity endorser dan
media sosial terhadap keputusan pembelian Smartphone Merek Xiaomi. Tipe
penelitian ini adalah Explanatory research dan menggunakan metode pengambilan
sampel nonprobability sampling melalui teknik purposive sampling. Pengumpulan
data dilakukan dengan menyebarkan kuesioner secara langsung. Sampel pada
penelitian ini berjumlah 96 reponden yang menggunakan dan melakukan keputusan
pembelian produk smartphone Xiaomi 12 Lite 5G yang berdomisili di Kota Semarang.
Penelitian ini menggunakan bantuan software IBM SPSS Statistic 25 for windows.
Hasil penelitian menunjukkan bahwa variabel celebrity endorser berpengaruh
secara positif dan signifikan terhadap keputusan pembelian, media sosial berpengaruh
secara positif dan signifikan terhadap keputusan pembelian, Celebrity endorser dan
media sosial berpengaruh secara positif dan signifikan terhadap keputusan pembelian.
Saran pada perusahaan Xiaomi senantiasa menjaga pemilihan celebrity endorser yang
setidaknya sama baiknya dengan BCL, mempertahankan dan meningkatkan media
sosial Xiaomi, serta meningkatkan kualitas dan spesifikasi dan model smartphone yang
menjadi ketertarikan konsumen untuk membeli smartphone Xiaomi.
Kata Kunci: celebrity endorser, media sosial, keputusan pembelian

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Subjects: Social Science and Political Science
Divisions: Faculty of Social and Political Sciences > Department of Public Administration
Depositing User: diana nirwani
Date Deposited: 28 Jun 2024 08:09
Last Modified: 28 Jun 2024 08:09
URI: https://eprints2.undip.ac.id/id/eprint/24430

Actions (login required)

View Item View Item