Search for collections on Undip Repository

PENGARUH GREEN MARKETING DAN CUSTOMER PERCEIVED VALUE TERHADAP REPURCHASE INTENTION MELALUI BRAND PREFERENCE SEBAGAI VARIABEL INTERVENING (Studi Pada Konsumen The Body Shop di Kota Semarang)

Achwaty, Gita Cahya (2024) PENGARUH GREEN MARKETING DAN CUSTOMER PERCEIVED VALUE TERHADAP REPURCHASE INTENTION MELALUI BRAND PREFERENCE SEBAGAI VARIABEL INTERVENING (Studi Pada Konsumen The Body Shop di Kota Semarang). Undergraduate thesis, Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik Universitas Diponegoro.

[img] Text
COVER.pdf - Submitted Version
Restricted to Repository staff only

Download (500kB)
[img] Text
BAB 1.pdf - Submitted Version

Download (544kB)
[img] Text
BAB 2.pdf - Submitted Version

Download (288kB)
[img] Text
BAB 3.pdf - Submitted Version
Restricted to Repository staff only

Download (671kB)
[img] Text
BAB 4.pdf - Submitted Version
Restricted to Repository staff only

Download (63kB)
[img] Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf - Submitted Version

Download (205kB)
[img] Text
LAMPIRAN.pdf - Submitted Version
Restricted to Repository staff only

Download (1MB)

Abstract

Maraknya isu kerusakan lingkungan mendorong masyarakat menjadi lebih sadar
akan krusialnya menjaga lingkungan, hal tersebut dapat dimulai dengan
mengkonsumsi produk atau layanan yang lebih memperhatikan aspek lingkungan.
Salah satu industri yang dinobatkan menjadi industri unggulan di Indonesia adalah
industri kecantikan. Perhatian wanita Indonesia terhadap keamanan kandungan
dan bahan yang digunakan dalam proses pembuatan produk skincare selalu
mengalami peningkatan. The body Shop dinobatkan sebagai pioneer yang
menerapkan konsep green marketing dalam industri kecantikan. Menjamurnya
merek lokal menjadi tantangan bagi The Body Shop untuk menjaga kesetiaan
konsumen nya. Walaupun The Body Shop memimpin posisi teratas sebagai merk
kosmetik vegan di Indonesia, namun hal tersebut tidak menjamin The Body Shop
memiliki kinerja perusahaan yang selalu baik.
Tujuan dari penelitian ini untuk mengidentifikasi hubungan antara variabel green
marketing, customer perceived value, brand preference, dan repurchase intention
pada konsumen The Body Shop di Kota Semarang. Sampel pada penelitian ini
berjumlah 100 responden dengan kriteria telah melakukan pembelian The Body
Shop minimal dua kali. Pengumpulan data dilakukan dengan penyebaran
kuesioner yang kemudian diolah dengan menggunakan SPSS Versi 25. Penelitian
ini menggunakan uji validitas, uji reliabilitas, uji normalitas, koefisien korelasi,
koefisien determinasi, uji t, uji F, dan path analysis.
Hasil penelitian yang didapatkan dari penelitian ini ialah adanya pengaruh positif
dan signifikan dari masing-masing variabel yaitu green marketing dan customer
perceived value terhadap repurchase intention melalui brand preference baik
secara langsung maupun tidak langsung. Berdasarkan hasil analisis yang telah
dilakukan, saran yang dapat diberikan adalah The Body Shop perlu
memperhatikan lebih detail mengenai tempat produksi dan gerainya yang lebih
mencerminkan green place, dapat dimulai dengan mempertimbangkan efisiensi
energi seperti menggunakan lampu hemat energi. Selain itu, The Body Shop dapat
membuat event menarik terkait produk skincare yang memperhatikan aspek
lingkungan untuk menumbuhkan persepsi baik dari konsumen dan sebagai sarana
promosi produk.
Kata Kunci: Green Marketing, Customer Perceived Value, Brand Preference,
Repurchase Intention.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Subjects: Social Science and Political Science
Divisions: Faculty of Social and Political Sciences > Department of Business Administration
Depositing User: diana nirwani
Date Deposited: 28 Jun 2024 07:49
Last Modified: 28 Jun 2024 07:49
URI: https://eprints2.undip.ac.id/id/eprint/24423

Actions (login required)

View Item View Item