Search for collections on Undip Repository

ANALISIS PENGARUH BAURAN PEMASARAN 7P PADA KONSUMEN PRODUK SELADA HIDROPONIK CV. TIRTA FERTINDO PRATAMA

Fitriannas, Yulvika and Mukson, Mukson and Budiraharjo, Kustopo (2024) ANALISIS PENGARUH BAURAN PEMASARAN 7P PADA KONSUMEN PRODUK SELADA HIDROPONIK CV. TIRTA FERTINDO PRATAMA. Undergraduate thesis, Universitas Diponegoro.

[img] Text
COVER.pdf

Download (998kB)
[img] Text
BAB I.pdf

Download (152kB)
[img] Text
BAB II.pdf

Download (250kB)
[img] Text
BAB III.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (391kB) | Request a copy
[img] Text
BAB IV.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (605kB) | Request a copy
[img] Text
BAB V.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (138kB) | Request a copy
[img] Text
DAPUS.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (1MB) | Request a copy

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui persepsi konsumen terhadap komponen bauran pemasaran 7P produk selada hidroponik CV. Tirta Fertindo Pratama dan menganalisis pengaruh bauran pemasaran 7P terhadap keputusan pembelian selada hidroponik CV. Tirta Fertindo Pratama. Penelitian dilaksanakan pada Agustus 2022 yang berlokasi di Jl. Tejosari Raya No. 1 Gedawang, Kec. Banyumanik, Semarang, Jawa Tengah. Pemilihan lokasi dilakukan secara puosive atas pertimbangan CV. Tirta Fertindo Pratama merupakan salah satu usaha budidaya dan pemasaran tanaman hidroponik dengan produk unggulannya buah-buahan dan sayuran hidroponik. Metode penelitian yang digunakan adalah metode survei. Metode penentuan sampel responden dilakukan teknik accidental sampling sebanyak 100 sampel yang merupakan konsumen yang sedang melakukan pembelian produk selada hidroponik Fertindo langsung di CV. Tirta Fertindo Pratama. Metode pengumpulan data primer diperoleh dari wawancara berdasarkan kuesioner yang diberikan kepada konsumen bersangkutan. Data sekunder diperoleh dari sumber lain yang relevan. Metode analisis data yang digunakan adalah analisis deskriptif dan uji statistik regresi linear berganda. Variabel dependen (Y) dalam analisis regresi linear berganda adalah keputusan pembelian dan variabel independen (X) adalah product (produk), price (harga), place (tempat), promotion (promosi), people (orang/ SDM), process (proses), dan physical evidence (bukti fisik). Hasil penelitian menunjukkan bahwa seluruh variabel marketing mix (7P) memiliki nilai Tingkat Capaian Responden (TCR) yang tergolong dalam kategori baik. Variabel yang berpengaruh secara langsung terhadap keputusan pembelian yaitu produk, harga, tempat, orang/SDM, proses, dan bukti fisik. Variabel yang tidak berpengaruh adalah promosi. Variabel bauran pemasaran 7P yang paling dominan adalah variabel tempat dengan nilai Standardized Coefficients Beta sebesar 24,1 dari total variabel.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Uncontrolled Keywords: merketing mix, keputusan pembelian, selada
Subjects: Animal and Agricultural Sciences
Divisions: Faculty of Animal and Agricultural Sciences > Master Program in Agribusiness
Depositing User: User Agribisnis
Date Deposited: 12 Jul 2024 08:48
Last Modified: 12 Jul 2024 08:48
URI: https://eprints2.undip.ac.id/id/eprint/24402

Actions (login required)

View Item View Item