Search for collections on Undip Repository

ANALISIS STRATEGI PELAYANAN ADMINISTRASI KEPENDUDUKAN DI DINAS KEPENDUDUKAN DAN PENCATATAN SIPIL KOTA SEMARANG

Wati, Arum Setia (2024) ANALISIS STRATEGI PELAYANAN ADMINISTRASI KEPENDUDUKAN DI DINAS KEPENDUDUKAN DAN PENCATATAN SIPIL KOTA SEMARANG. Undergraduate thesis, Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik Universitas Diponegoro.

[img] Text
Cover.pdf - Submitted Version
Restricted to Repository staff only

Download (492kB)
[img] Text
BAB I.pdf - Submitted Version

Download (476kB)
[img] Text
BAB II.pdf - Submitted Version

Download (386kB)
[img] Text
BAB III.pdf - Submitted Version
Restricted to Repository staff only

Download (2MB)
[img] Text
BAB IV.pdf - Submitted Version

Download (15kB)
[img] Text
Daftar Pustaka.pdf - Submitted Version

Download (86kB)
[img] Text
Lampiran.pdf - Submitted Version
Restricted to Repository staff only

Download (320kB)

Abstract

Kebutuhan akan layanan administrasi kependudukan yang memadai
merupakan hal yang sangat penting di Indonesia. Namun, masih terdapat banyak
kendala yang salah satunya ditemukan di Dinas Kependudukan dan Pencatatan
Sipil Kota Semarang yaitu belum optimalnya penyelenggaraan tata kelola
pelayanan administrasi kependudukan. Di sisi lain, Disdukcapil Kota Semarang
telah berusaha menjalankan pelayanan publik yang baik melalui berbagai program
yang telah dituangkan dalam dokumen Rencana Strategis (Renstra) yang memuat
arah dan rancangan kebijakan yang akan dilaksanakan selama periode berlakunya
Renstra. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui bagaimana pelaksanaan
strategi pelayanan serta apa saja dampak yang dirasakan masyarakat terkait
program dan kebijakan tersebut menggunakan teori pelayanan publik yang baik
oleh Dwiyanto (2014) yang meliputi tiga aspek utama yaitu: efisiensi,
responsivitas, dan non partisan.
Metode penelitian yang akan digunakan dalam penelitian ini adalah mix
metode. Pendekatan kualitatif akan digunakan untuk melihat keberjalanan strategi
pelayanan yang diberikan oleh Disdukcapil kota Semarang. Data didapatkan
melalui wawancara tidak terstruktur, dokumentasi, dan observasi. Sedangkan
dampak dari strategi pelayanan diberikan diidentifikasi melalui pendekatan
kuantitatif menggunakan instrumen kuesiner dengan populasi penduduk Kota
Semarang yang pernah menerima pelayanan dari Disdukcapil Kota Semarang.
Penelitian ini mengambil sebanyak 100 responden dengan metode random
sampling.
Hasil dari penelitian ini menunjukkan bahwa pelaksanaan strategi
administrasi kependudukan di Disdukcapil Kota Semarang telah berjalan dengan
baik di mana keseluruhan poin dalam dokumen Renstra telah berhasil
dilaksanakan sesuai dengan aspek responsivitas dan non partisan. Akan tetapi
masih terdapat kendala dalam dan kekurangan hal kuantitas aparatur, ketepatan
waktu pelayanan berbasis online, sarana dan prasarana, kepekaan aparatur dalam
pembagian kerja, dan luas cakupan kerja sama. Sementara itu, dampak dari
strategi pelayanan yang diberikan oleh Disdukcapil kota Semarang mendapat
respon yang positif dari responden dengan memperoleh indeks rata-rata 83,34
yang yang berada dalam kategori sangat setuju. Kemudian, saran yang dapat
penulis rekomendasikan yaitu untuk menambah kuantitas dan meningkatkan
kemampuan aparatur, lebih memperhatikan kepekaan aparatur, dan melengkapi
sarana dan prasarana penunjang layanan, memperluas cakupan kerja sama
penerbitan dokumen kependudukan.
Kata Kunci: Administrasi Kependudukan; Keberjalanan Strategi Pelayanan;
Dampak Strategi Pelayanan

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Subjects: Social Science and Political Science
Divisions: Faculty of Social and Political Sciences > Department of Government Science
Depositing User: diana nirwani
Date Deposited: 28 Jun 2024 07:18
Last Modified: 28 Jun 2024 07:18
URI: https://eprints2.undip.ac.id/id/eprint/24396

Actions (login required)

View Item View Item