Search for collections on Undip Repository

ANALISIS PELAYANAN ADMINISTRASI KEPENDUDUKAN PADA DINAS KEPENDUDUKAN DAN PENCATATAN SIPIL DI KABUPATEN DAIRI SUMATERA UTARA

Sihotang, Sarma Ulina (2024) ANALISIS PELAYANAN ADMINISTRASI KEPENDUDUKAN PADA DINAS KEPENDUDUKAN DAN PENCATATAN SIPIL DI KABUPATEN DAIRI SUMATERA UTARA. Undergraduate thesis, FAKULTAS ILMU SOSIAL DAN ILMU POLITIK UNIVERSITAS DIPONEGORO.

[img] Text
Cover.pdf - Submitted Version
Restricted to Repository staff only

Download (1MB)
[img] Text
BAB I.pdf - Submitted Version

Download (687kB)
[img] Text
BAB II.pdf - Submitted Version

Download (606kB)
[img] Text
BAB III.pdf - Submitted Version
Restricted to Repository staff only

Download (2MB)
[img] Text
BAB IV.pdf - Submitted Version
Restricted to Repository staff only

Download (390kB)
[img] Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf - Submitted Version

Download (500kB)
[img] Text
LAMPIRAN.pdf - Submitted Version
Restricted to Repository staff only

Download (1MB)

Abstract

Pelayanan administrasi kependudukan merupakan proses pembenahan atau penertiban terkait informasi kependudukan dalam suatu negara melalui kegiatan pendataan penduduk dan pencatatan sipil yang bertujuan sebagai data untuk menyediakan kepentingan publik, pembangunan, dan urusan pemerintahan. Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil Kabupaten Dairi sebagai lembaga pemerintah yang memberikan pelayanan administrasi kependudukan pada tingkat daerah atau kabupaten. Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis penyelenggaraan pelayanan dan mengidentifikasi kendala pelayanan administrasi kependudukan pada Disdukcapil Kabupaten Dairi Sumatera Utara. Metode penelitian yang digunakan yaitu kualitatif deskriptif dengan teknik pengumpulan data melalui observasi, wawancara, dokumentasi, dan studi kepustakaan. Analisis dalam penelitian ini menggunakan teori servqual dari Valerie A. Zeithaml meliputi dimensi tangibles, dimensi reliability, dimensi responsivenes, dimensi assurance, dan dimensi empathy. Hasil penelitian menunjukkan bahwa pelayanan administrasi kependudukan di Dinas Dukcapil Kabupaten Dairi secara umum sudah berjalan lumayan baik sesuai dengan standar pelayanan yang tertuang dalam Surat Keputusan (SK) Kadis Dukcapil Kabupaten Dairi Nomor 011 Tahun 2022. Pelayanan masih memiliki permasalahan berupa belum tercapainya tujuan pelayanan online untuk meningkatkan pelayanan secara cepat, tepat, efektif, dan efisien. Hal ini dikarenakan sebagian besar masyarakat kurang memanfaatkan pelayanan melalui aplikasi. Pelayanan secara offline juga masih belum sempurna dikarenakan ruang tunggu dan ruang isi formulir yang kurang memadai. Rekomendasi yang dapat dilakukan yaitu meningkatkan sosialisasi kepada seluruh kalangan masyarakat terkait pelayanan administrasi kependudukan khususnya pelayanan secara online, masyarakat Kabupaten Dairi harus lebih peka terhadap program Jempol (jemput bola), dan monitoring atau pengawasan terhadap seluruh petugas khususnya petugas di TPDK untuk memastikan pelayanan terus berjalan.
Kata Kunci: Analisis, Pelayanan, Administrasi Kependudukan

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Subjects: Social Science and Political Science
Divisions: Faculty of Social and Political Sciences > Department of Public Administration
Depositing User: diana nirwani
Date Deposited: 28 Jun 2024 07:20
Last Modified: 28 Jun 2024 07:20
URI: https://eprints2.undip.ac.id/id/eprint/24389

Actions (login required)

View Item View Item