Search for collections on Undip Repository

PENGARUH PERSEPSI ETIS DAN FREKUENSI KOMUNIKASI PEER GROUP TERHADAP TINGKAT PENGGUNAAN CHAT GPT OLEH MAHASISWA SEBAGAI MEDIA PEMBELAJARAN DIGITAL DI ERA EDUCATION 4.0

Al Hakiem, Muhammad Andika (2024) PENGARUH PERSEPSI ETIS DAN FREKUENSI KOMUNIKASI PEER GROUP TERHADAP TINGKAT PENGGUNAAN CHAT GPT OLEH MAHASISWA SEBAGAI MEDIA PEMBELAJARAN DIGITAL DI ERA EDUCATION 4.0. Undergraduate thesis, Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik Universitas Diponegoro.

[img] Text
COVER.pdf - Submitted Version
Restricted to Repository staff only

Download (783kB)
[img] Text
BAB I.pdf - Submitted Version

Download (579kB)
[img] Text
BAB II.pdf - Submitted Version

Download (296kB)
[img] Text
BAB III.pdf - Submitted Version
Restricted to Repository staff only

Download (1MB)
[img] Text
BAB IV.pdf - Submitted Version
Restricted to Repository staff only

Download (462kB)
[img] Text
BAB V.pdf - Submitted Version

Download (265kB)
[img] Text
Daftar Pustaka.pdf - Submitted Version

Download (255kB)
[img] Text
Lampiran.pdf - Submitted Version

Download (3MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk menguji pengaruh persepsi etis (X1) dan
frekuensi komunikasi peer group (X2) tingkat penggunaan Chat GPT oleh
mahasiswa sebagai media pembelajaran digital di era education 4.0 (Y). Teori
yang digunakan dalam penelitian ini yaitu teori Planned Behavior Theory dan
Social Learning Theory. Metode yang digunakan dalam penelitian ini yaitu
kuantitatif dengan tipe explanatory dengan pengumpulan data melalui kuesioner
yang disebarkan kepada 396 Mahasiswa Universitas Diponegoro dengan
menggunakan teknik proportionate stratified random sampling.
Analisis data yang dilakukan dalam penelitian ini yaitu menggunakan
regresi linier sederhana untuk menguji hipotesis bahwa terdapat pengaruh positif
dan signifikan antara persepsi etis terhadap tingkat penggunaan Chat GPT oleh
mahasiswa sebagai media pembelajaran digital di era education 4.0 dan frekuensi
komunikasi peer group terhadap tingkat penggunaan Chat GPT oleh mahasiswa
sebagai media pembelajaran digital di era education 4.0. Hasil penelitian ini
menunjukan bahwa persepsi etis memiliki pengaruh yang signifikan terhadap
tingkat penggunaan Chat GPT oleh mahasiswa sebagai media pembelajaran
digital di era education 4.0 dengan nilai Sig. < 0,001 serta nilai koefisien regresi
sebesar 0,171, hal tersebut menyatakan bahwa peningkatan persepsi etis akan
diikuti oleh peningkatan tingkat penggunaan Chat GPT oleh mahasiswa sebagai
media pembelajaran digital di era education 4.0. Kemudian frekuensi komunikasi
peer group memiliki pengaruh signifikan terhadap tingkat penggunaan Chat GPT
oleh mahasiswa sebagai media pembelajaran digital di era education 4.0 dengan
nilai Sig. < 0,001 serta koefisien regresi sebesar 0,661, hal tersebut menyatakan
bahwa peningkatan frekuensi komunikasi peer group akan diikuti oleh
peningkatan tingkat penggunaan Chat GPT oleh mahasiswa sebagai media
pembelajaran digital di era education 4.0. Hasil temuan dari penelitian ini
memberikan penjelasan mengenai perilaku penggunaan Chat GPT untuk
kebutuhan akademis melalui persepsi etis dan frekuensi komunikasi peer group.
Saran yang dapat diterapkan antara lain memberikan pemahaman mengenai
penggunaan Chat GPT sebagai media pembelajaran digital yang baik dan benar
kepada peserta didik, merumuskan kebijakan terkait penggunaan Chat GPT untuk
kebutuhan akademis, serta melakukan penelitian mengenai perilaku penggunaan
Chat GPT yang lebih komprehensif.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Subjects: Social Science and Political Science
Divisions: Faculty of Social and Political Sciences > Department of Communication
Depositing User: diana nirwani
Date Deposited: 28 Jun 2024 06:30
Last Modified: 28 Jun 2024 06:30
URI: https://eprints2.undip.ac.id/id/eprint/24374

Actions (login required)

View Item View Item