Search for collections on Undip Repository

Aktivitas Sharenting dan Praktik Komodifikasi Anak (Studi Netnografi pada Akun TikTok @ndhiraa07)

Hastutik, Renta Nirmala (2024) Aktivitas Sharenting dan Praktik Komodifikasi Anak (Studi Netnografi pada Akun TikTok @ndhiraa07). Undergraduate thesis, FAKULTAS ILMU SOSIAL DAN ILMU POLITIK.

[img] Text
COVER.pdf - Submitted Version
Restricted to Repository staff only

Download (678kB)
[img] Text
BAB 1.pdf - Submitted Version

Download (642kB)
[img] Text
BAB 2.pdf - Submitted Version

Download (241kB)
[img] Text
BAB 3.pdf - Submitted Version
Restricted to Repository staff only

Download (5MB)
[img] Text
BAB 4.pdf - Submitted Version
Restricted to Repository staff only

Download (804kB)
[img] Text
BAB 5.pdf - Submitted Version
Restricted to Repository staff only

Download (21kB)
[img] Text
Daftar Pustaka.pdf - Submitted Version

Download (259kB)
[img] Text
LAMPIRAN.pdf - Submitted Version
Restricted to Repository staff only

Download (82kB)

Abstract

Fenomena sharenting muncul sebagai hasil dari perkembangan pola asuh orang tua
dalam dunia digital. Kegiatan ini melibatkan orang tua yang membagikan aktivitas anak
mereka ke media sosial. Meskipun awalnya kegiatan ini hanya seputar berbagi momen
sehari-hari, seiring dengan meluasnya penggunaan media sosial, anak-anak mulai
mendapatkan popularitas dikalangan publik dan orang tua memanfaatkan popularitas
tersebut untuk keuntungan pribadi. Kegiatan ini mengancam privasi dan hak anak, karena
informasi pribadi mereka tersebar luas tanpa persetujuan mereka. Selain itu, hal ini
mengarah pada komodifikasi isi konten, karena kehidupan pribadi anak dijadikan alat untuk
memperoleh keuntungan pribadi.
Teori yang digunakan dalam penelitian ini adalah Social Network Theory,
Communication Privacy Management Theory dan Teori Ekonomi politik Media. Metode
Netnografi digunakan dalam penelitian ini untuk memahami konten dan bentuk
komodifikasi isi konten yang diunggah oleh akun tersebut serta respon dan interaksi
pengguna lainnya. Objek penelitian ini adalah akun TikTok @ndhiraa07, yang memang
dikenal sebagai selebriti dan seorang Ibu Muda yang kerap membagikan aktivitas
sharenting.
Hasil penelitian menunjukan aktrivitas sharenting pada akun @ndhiraa07 adalah
kegiatan sehari-hari yang dilakukan oleh Jema (sang anak) seperti kegiatan belajar,
bermain, dan mengunjungi tempat-tempat tertentu. Konten-konten yang dihasilkan juga
bersifat ertertaining, yang artinya konten dikemas dalam bentuk hiburan. Namun akun
@ndhiraa07 juga menyelipkan edukasi, persuasi dan motivasi pengikut dan penonton
seputar kegiatan sharenting yang dilakukan, akun ini berhasil membentuk diri contoh akun
dan Ibu muda yang baik dan berhasil mengasuh anak. Meskipun akun ini hanya
membagikan kegiatan sehari-hari, ditemukan bentuk komodifikasi isi konten dimana
popularitas Jema dimanfaatkan oleh sang ibu untuk memeproleh keuntungan, seperti
memanfatakan eksposur konten sharenting, dengan terus menggungah konten sharenting
dalam jumlah banyak dengan setiap bulan berkisar 50%-70%. Hal ini menghasilkan
engangement tinggi dalam bentuk views, likes dan comments . Lalu, ditemukan praktik
endorsement dalam akun dimana Jema kali ikut atau menjadi model dalam
mempromosikan produk-produk tertentu. Dan ditemukan bentuk pelanggaran privasi anak
yatu pengaburan ruang privat dan ruang publik pada Jema. Namun demikian, interaksi yang
terjalin antara antara akun Tiktok @mdhiraa07 dengan pengikut dan antar sesama pengikut
akun @ndhiraa07 menunjukkan bahwa konten sharenting juga dapat menjadi sumber
pengetahuan dan pengalaman tentang pola pengasuhan anak juga kritik terhadap pola asuh
yang dilakukan oleh akun @ndhiraa07.
Kata Kunci: Sharenting, Komodifikasi Anak, Privasi Anak, Media Sosial

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Subjects: Social Science and Political Science
Divisions: Faculty of Social and Political Sciences > Department of Communication
Depositing User: diana nirwani
Date Deposited: 28 Jun 2024 06:07
Last Modified: 28 Jun 2024 06:07
URI: https://eprints2.undip.ac.id/id/eprint/24363

Actions (login required)

View Item View Item