Search for collections on Undip Repository

PENGARUH TERPAAN IKLAN BAREKSA DI INSTAGRAM DAN KREDIBILITAS BRAND AMBASSADOR BOY WILLIAM TERHADAP MINAT GENERASI Z DALAM MENGGUNAKAN BAREKSA SEBAGAI PLATFORM INVESTASI ONLINE

Haritz, Abdullah Farhan (2024) PENGARUH TERPAAN IKLAN BAREKSA DI INSTAGRAM DAN KREDIBILITAS BRAND AMBASSADOR BOY WILLIAM TERHADAP MINAT GENERASI Z DALAM MENGGUNAKAN BAREKSA SEBAGAI PLATFORM INVESTASI ONLINE. Undergraduate thesis, Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik Universitas Diponegoro.

[img] Text
COVER.pdf - Submitted Version
Restricted to Repository staff only

Download (669kB)
[img] Text
BAB I.pdf - Submitted Version

Download (728kB)
[img] Text
BAB II.pdf - Submitted Version

Download (317kB)
[img] Text
BAB III.pdf - Submitted Version
Restricted to Repository staff only

Download (1MB)
[img] Text
BAB IV.pdf - Submitted Version
Restricted to Repository staff only

Download (444kB)
[img] Text
BAB V.pdf - Submitted Version

Download (244kB)
[img] Text
DAFTAR PUSTAKA .pdf - Submitted Version

Download (244kB)

Abstract

Investor pasar modal mengalami kenaikan signifikan dan diproyeksikan
terus meningkat dan didominasi generasi Z. Bareksa sebagai pionir aplikasi
investasi reksadana berpotensi menjadi platform investasi nomor satu, terutama
bagi generasi Z. Bareksa telah melakukan berbagai kegiatan pemasaran, seperti
beriklan di Instagram dan menggaet Boy William sebagai brand ambassador.
Realitanya mayoritas generasi Z lebih berminat menggunakan Bibit dibandingkan
Bareksa. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh terpaan iklan dan
kredibilitas brand ambassador terhadap minat menggunakan Bareksa. Penelitian ini
menggunakan teori strong advertisement theory dan source credibility theory.
Penelitian ini menggunakan teknik pengambilan sampel non-probability dan
purposive dengan jumlah 104 responden dengan pengumpulan data menggunakan
kuesioner. Data yang dihasilkan kemudian diuji menggunakan teknik uji regresi
linier sederhana. Hasil pengujian hipotesis menunjukkan bahwa terpaan iklan
Bareksa dapat menjelaskan sebesar 15,5% dengan besaran pengaruh sebesar 0,063
dan kredibilitas brand ambassador dapat menjelaskan sebesar 12,5% dengan
besaran pengaruh sebesar 0,090 terhadap minat menggunakan Bareksa. Sehingga
dapat disimpulkan bahwa semakin tinggi terpaan iklan, maka semakin tinggi pula
minat untuk menggunakan Bareksa. Semakin tinggi kredibilitas brand ambassador
Boy William, maka semakin tinggi pula minat untuk menggunakan Bareksa.
Penulis menyarankan agar Bareksa meningkatkan kualitas konten agar lebih
singkat, jelas, dan informatif, serta memperbanyak promo investasi untuk semua
instrument investasi yang ditawarkan. Selain itu, penulis menyarankan untuk
mempertimbangkan kembali peran Boy William agar lebih aktif berkampanye
dengan Bareksa atau mengganti brand ambassador dengan yang lebih
berpengalaman dalam investasi untuk menarik minat generasi Z.
Kata Kunci: Terpaan Iklan, Brand Ambassador, Minat Menggunakan,
Bareksa, Generasi Z

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Subjects: Social Science and Political Science
Divisions: Faculty of Social and Political Sciences > Department of Communication
Depositing User: diana nirwani
Date Deposited: 28 Jun 2024 05:46
Last Modified: 28 Jun 2024 05:46
URI: https://eprints2.undip.ac.id/id/eprint/24362

Actions (login required)

View Item View Item