Search for collections on Undip Repository

PENGARUH E-SERVICE QUALITY DAN DISKON TERHADAP KEPUTUSAN PEMBELIAN DENGAN E-TRUST SEBAGAI VARIABEL INTERVENING (STUDI PADA PENGGUNA MARKETPLACE BLIBLI DI KOTA SEMARANG)

Wulandari, Audia Yolanda (2024) PENGARUH E-SERVICE QUALITY DAN DISKON TERHADAP KEPUTUSAN PEMBELIAN DENGAN E-TRUST SEBAGAI VARIABEL INTERVENING (STUDI PADA PENGGUNA MARKETPLACE BLIBLI DI KOTA SEMARANG). Undergraduate thesis, Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik Universitas Diponegoro.

[img] Text
COVER.pdf - Submitted Version
Restricted to Repository staff only

Download (985kB)
[img] Text
BAB 1.pdf - Submitted Version

Download (1MB)
[img] Text
BAB 2.pdf - Submitted Version

Download (1MB)
[img] Text
BAB 3.pdf - Submitted Version
Restricted to Repository staff only

Download (1MB)
[img] Text
BAB 4.pdf - Submitted Version

Download (298kB)
[img] Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf - Submitted Version

Download (311kB)
[img] Text
LAMPIRAN.pdf - Submitted Version
Restricted to Repository staff only

Download (1MB)

Abstract

Perkembangan marketplace di Indonesia terjadi dengan sangat cepat yang membuat
konsumen semakin selektif dalam memutuskan pembelian sehingga perusahaan
perlu memahami perilaku konsumen. Beberapa tahun terakhir, hasil Top Brand
Index dan pengunjung Blibli mengalami fluktuasi. Tujuan penelitian ini untuk
mengetahui ada tidaknya pengaruh e-service quality dan diskon terhadap keputusan
pembelian dengan e-trust sebagai variabel intervening pada pengguna marketplace
Blibli di Kota Semarang.
Tipe penelitian ini yaitu explanatory research dan teknik pengambilan
sampel yaitu nonprobability sampling dengan purposive sampling. Data dianalisis
menggunakan SmartPLS 4. Sampel sebanyak 97 responden pengguna marketplace
Blibli di Kota Semarang berumur 18 sampai 45 tahun, sudah pernah mendapat
diskon, dan menggunakan Blibli untuk berbelanja fashion minimal satu kali dalam
kurun waktu satu tahun terakhir.
Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa terdapat pengaruh positif dan
signifikan antara e-service quality terhadap e-trust, terdapat pengaruh positif dan
signifikan diskon terhadap e-trust, terdapat pengaruh positif dan signifikan eservice quality terhadap keputusan pembelian, terdapat pengaruh positif dan
signifikan diskon terhadap keputusan pembelian, dan terdapat pengaruh positif dan
signifikan e-trust terhadap keputusan pembelian. Selain itu, hasil penelitian juga
menunjukkan bahwa e-trust mampu memediasi pengaruh antara e-service quality
terhadap keputusan pembelian dan e-trust mampu memediasi pengaruh antara
diskon terhadap keputusan pembelian. Saran yang dapat diberikan adalah sebaiknya
Blibli dapat memperluas kategori produk fashion secara lebih spesifik dan
memperbanyak varian produk fashion yang mendapat diskon.
Kata kunci: E-Service Quality, Diskon, E-Trust, Keputusan Pembelian

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Subjects: Social Science and Political Science
Divisions: Faculty of Social and Political Sciences > Department of Business Administration
Depositing User: diana nirwani
Date Deposited: 28 Jun 2024 04:58
Last Modified: 28 Jun 2024 04:58
URI: https://eprints2.undip.ac.id/id/eprint/24354

Actions (login required)

View Item View Item