Search for collections on Undip Repository

PENGARUH CELEBRITY ENDORSER, BRAND IMAGE, DAN KUALITAS PRODUK TERHADAP KEPUTUSAN PEMBELIAN MARINA HAND AND BODY LOTION MAHASISWA PROGRAM SARJANA UNIVERSITAS DIPONEGORO

Estiningrum, Putri (2024) PENGARUH CELEBRITY ENDORSER, BRAND IMAGE, DAN KUALITAS PRODUK TERHADAP KEPUTUSAN PEMBELIAN MARINA HAND AND BODY LOTION MAHASISWA PROGRAM SARJANA UNIVERSITAS DIPONEGORO. Undergraduate thesis, Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik Universitas Diponegoro.

[img] Text
Cover.pdf - Submitted Version
Restricted to Repository staff only

Download (609kB)
[img] Text
BAB I.pdf - Submitted Version

Download (3MB)
[img] Text
BAB II.pdf - Submitted Version

Download (549kB)
[img] Text
BAB III.pdf - Submitted Version
Restricted to Repository staff only

Download (948kB)
[img] Text
BAB IV.pdf - Submitted Version

Download (177kB)
[img] Text
Daftar Pustaka.pdf - Submitted Version

Download (197kB)
[img] Text
Lampiran.pdf - Submitted Version
Restricted to Repository staff only

Download (1MB)

Abstract

Industri kosmetik dan kecantikan saat ini mengalami pertumbuhan yang pesat
sehingga tingkat persaingannya sangat tinggi, salah satunya adalah brand dari
Marina. Banyak faktor yang memengaruhi konsumen untuk melakukan keputusan
pembelian diantaranya yaitu celebrity endorser, brand image, dan kualitas
produknya. Berdasarkan data top brand index marina fluktuatif selama tiga tahun
terakhir dan terjadi penjualan yang fluktuatif pada tahun 2019 – 2023.
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh celebrity endorser,
brand image, dan kualitas produk terhadap keputusan pembelian Marina Hand and
Body Lotion. Tipe penelitian ini adalah explanatory research dan menggunakan
metode pengambilan sampel non probability sampling melalui teknik purposive
sampling. Pengumpulan data dilakukan dengan menyebarkan kuisioner kepada
Mahasiswa Program Sarjana Universitas Diponegoro. Sampel pada penelitian ini
berjumlah 96 responden yang menggunakan dan melakukan keputusan pembelian
Marina Hand and Body Lotion. Penelitian ini menggunakan bantuan software IBM
SPSS Statistic 23 for windows yang digunakan untuk uji validitas, uji reliabilitas,
uji koefisien korelasi, uji koefisien determinasi, analisis regresi linier sederhana dan
berganda, serta uji signifikansi (Uji t dan Uji F).
Hasil penelitian ini menunjukan bahwa terdapat pengaruh positif dan
signifikan antara celebrity endorser terhadap keputusan pembelian, terdapat
pengaruh positif dan signifikan brand image terhadap keputusan pembelian,
terdapat pengaruh positif dan signifikan kualitas produk terhadap keputusan
pembelian. Selain itu, secara simultan celebrity endorser, brand image, dan kualitas
produk berpengaruh positif dan signifikan terhadap keputusan pembelian. Saran
yang dapat diberikan adalah (1) menggunakan celebrity endorser yang lebih
persuasive dalam mempengaruhi konsumen, (2) memaksimalkan penggunaan
media sosial yang dimiliki perusahaan agar brandingnya semakin kuat, (3)
menambah varian produk marina sesuai dengan permasalahan kulit konsumen.
Kata Kunci: Celebrity endorser, Brand Image, Kualitas Produk, Keputusan
Pembelian

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Subjects: Social Science and Political Science
Divisions: Faculty of Social and Political Sciences > Department of Business Administration
Depositing User: diana nirwani
Date Deposited: 28 Jun 2024 04:59
Last Modified: 28 Jun 2024 04:59
URI: https://eprints2.undip.ac.id/id/eprint/24353

Actions (login required)

View Item View Item