Search for collections on Undip Repository

PENGARUH LIVE STREAMING COMMERCE DAN ONLINE CUSTOMER REVIEW TERHADAP PURCHASE DECISION MELALUI TRUST SEBAGAI VARIABEL MODERASI (Studi pada pelanggan Kosmetik Barenbliss dengan menggunakan fitur live streaming Shopee)

Mawarizki, Destia Putri (2024) PENGARUH LIVE STREAMING COMMERCE DAN ONLINE CUSTOMER REVIEW TERHADAP PURCHASE DECISION MELALUI TRUST SEBAGAI VARIABEL MODERASI (Studi pada pelanggan Kosmetik Barenbliss dengan menggunakan fitur live streaming Shopee). Undergraduate thesis, FAKULTAS ILMU SOSIAL DAN ILMU POLITIK UNIVERSITAS DIPONEGORO.

[img] Text
COVER.pdf - Submitted Version
Restricted to Repository staff only

Download (586kB)
[img] Text
BAB I.pdf - Submitted Version

Download (792kB)
[img] Text
BAB II.pdf - Submitted Version

Download (197kB)
[img] Text
BAB III.pdf - Submitted Version
Restricted to Repository staff only

Download (649kB)
[img] Text
BAB IV.pdf - Submitted Version
Restricted to Repository staff only

Download (124kB)
[img] Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf - Submitted Version

Download (218kB)
[img] Text
LAMPIRAN.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (851kB)

Abstract

Semakin pesatnya perkembangan zaman, semakin banyak pula brand yang menciptakan banyak inovasi baru, termasuk dari industri kosmetik. Tren yang saat ini digandrungi di Indonesia adalah Tren Korean Beauty dan brand yang sedang banyak diminati yaitu Barenbliss. Saat ini, pemasaran online melalui live streaming commerce memberikan kesempatan bagus pada brand dan para penjual guna mengembangkan bisnisnya, serta konsumen yang selalu meninjau online customer review yang ada, membuat hal tersebut berpengaruh terhadap keputusan pembelian.
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh antara live streaming commerce dan online customer review terhadap purchase decision melalui trust sebagai variabel moderasi pada pelanggan kosmetik Barenbliss. Tipe penelitian ini adalah explanatory research dan teknik pengambilan sampel non-probability sampling dengan metode purposive sampling. Sampel pada penelitian ini berjumlah 105 responden pengguna produk lip makeup Barenbliss yang menggunakan fitur live streaming Shopee. Analisis data dalam penelitian ini diolah menggunakan SmartPLS versi 4.0.
Hasil penelitian menunjukkan bahwa variabel live streaming commerce memiliki pengaruh positif dan signifikan terhadap variabel purchase decision, online customer review memiliki pengaruh positif dan signifikan terhadap variabel purchase decision, trust memoderasi pengaruh antara live streaming commerce terhadap purchase decision secara positif dan signifikan, serta trust juga memoderasi pengaruh antara online customer review terhadap purchase decision secara signifikan namun berpengaruh ke arah negatif. Hal ini sesuai dengan teori perilaku konsumen yaitu bagaimana seseorang membeli dan menggunakan barang dan jasa, termasuk cara mereka memutuskan apa yang akan dibeli dan bagaimana mereka bersiap untuk membelinya.
Berdasarkan hasil penelitian ini, Barenbliss disarankan untuk meningkatkan responsivitas dengan menambah operator live streaming, meningkatkan kualitas layanannya, meningkatkan interaksi atau menjawab ulasan konsumen disertakan solusi yang menyenangkan, dan memenuhi keinginan dan kebutuhan dari konsumen sehingga mampu menarik minat pembelian konsumen.
Kata Kunci: live streaming commerce, online customer review, keputusan pembelian, purchase decision

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Subjects: Social Science and Political Science
Divisions: Faculty of Social and Political Sciences > Department of Business Administration
Depositing User: diana nirwani
Date Deposited: 28 Jun 2024 05:01
Last Modified: 28 Jun 2024 05:01
URI: https://eprints2.undip.ac.id/id/eprint/24351

Actions (login required)

View Item View Item