Search for collections on Undip Repository

Uji Kandungan Antioksidan, Flavonoid Dan Fenol Pada Perbedaan Lama Waktu Dan Suhu Penyeduhan Wedang Uwuh Sebagai Minuman Fungsional

Millea Kusumaputri, Ghaisani and Nur Afifah, Diana and Fithra Dieny, Fillah and Panunggal, Binar Uji Kandungan Antioksidan, Flavonoid Dan Fenol Pada Perbedaan Lama Waktu Dan Suhu Penyeduhan Wedang Uwuh Sebagai Minuman Fungsional. -. (Unpublished)

[img] Text
Abstrak-Ghaisani.pdf

Download (92kB)

Abstract

Latar Belakang: Wedang uwuh sebagai minuman kesehatan berpotensi sebagai minuman fungsional. Rempah banyak terdapat kandungan senyawa flavonoid pada bagian daun dan batang yang memiliki fungsi antioksidan. Kadar total fenol pada minuman secang lebih tinggi ketika secang diformulasikan dengan rempah-rempah.
Tujuan: Tujuan dari penelitian ini adalah untuk menganalisis kandungan antioksidan, kadar flavonoid dan fenol dengan waktu pemanasan dan perbandingan air pada wedang uwuh sebagai minuman fungsional.
Metode: Penelitian Rancangan Acak Lengkap (RAL) dua faktor yaitu perbandingan suhu dan lama waktu penyeduhan tiga formulasi yaitu F1 (70 oC, 5 menit), F2 (85 oC, 10 menit), F3 (100 oC, 15 menit). Pengujian kadar flavonoid dilakukan dengan metode kolorimetri aluminium klorida, analisis kadar Total Fenol (Metode Folin-Ciocalteau), dan Aktivitas antioksidan dengan metode DPPH.
Hasil:. Hasil uji penelitian menunjukkan bahwa F3 memiliki kadar flavonoid tertinggi dibandingkan F1 dan F2 yaitu sebesar 0,3056 mgQE/g. Sedangkan F2 memiliki kadar fenol dan aktivitas antioksidan yang lebih tinggi dibandingkan F1 dan F3 yaitu sebesar 19,857 mg GAE/g dan nilai IC50 15,7 x 103 ppm.
Kesimpulan: Suhu dan lama waktu penyeduhan mempengaruhi kadar antioksidan, flavonoid dan fenol yang terkandung pada minuman fungsional wedang uwuh.
Kata Kunci : Flavonoid, antioksidan, fenol, wedang uwuh

Item Type: Article
Subjects: Medicine
Divisions: Faculty of Medicine > Department of Nutrition Science
Depositing User: Pustakawan Gizi
Date Deposited: 28 Jun 2024 04:51
Last Modified: 28 Jun 2024 04:51
URI: https://eprints2.undip.ac.id/id/eprint/24345

Actions (login required)

View Item View Item