Search for collections on Undip Repository

PENGARUH TERPAAN SALES PROMOTION SHOPEE DAN INTENSITAS KOMUNIKASI PEER GROUP TERHADAP PERILAKU IMPULSE BUYING PRODUK FASHION DI PLATFORM SHOPEE PADA GEN Z DI KOTA SEMARANG

Febriandani, Anisa (2024) PENGARUH TERPAAN SALES PROMOTION SHOPEE DAN INTENSITAS KOMUNIKASI PEER GROUP TERHADAP PERILAKU IMPULSE BUYING PRODUK FASHION DI PLATFORM SHOPEE PADA GEN Z DI KOTA SEMARANG. Undergraduate thesis, Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik Universitas Diponegoro.

[img] Text
Cover Skripsi.pdf - Submitted Version
Restricted to Repository staff only

Download (1MB)
[img] Text
BAB 1.pdf - Submitted Version

Download (1MB)
[img] Text
Bab 2.pdf - Submitted Version

Download (1MB)
[img] Text
Bab 3.pdf - Submitted Version

Download (1MB)
[img] Text
Bab 4.pdf - Submitted Version
Restricted to Repository staff only

Download (1MB)
[img] Text
Bab 5.pdf - Submitted Version

Download (1MB)
[img] Text
Daftar Pustaka.pdf - Submitted Version

Download (1MB)
[img] Text
Lampiran.pdf - Submitted Version
Restricted to Repository staff only

Download (1MB)

Abstract

Maraknya pembelian produk fashion Gen Z, dibuktikan dengan Gen Z yang
menduduki peringkat tertinggi dalam transaksi fashion di e-commerce. Pembelian
produk fashion oleh Gen Z ini mengarah pada perilaku impulse buying. Apabila dilihat
dari prespektif konsumen, perilaku impulse buying merupakan sesuatu yang negatif,
tetapi berdampak positif dari sisi penjual. Hal tersebut dikarenakan dapat
meningkatkan penjualan bagi toko fashion. Sejalan dengan hal tersebut, toko fashion
berusaha untuk meningkatkan impulse buying, melalui strategi pemasaran diantaranya
melalui faktor terpaan sales promotion dan intensitas komunikasi peer group. Dengan
menggunakan strategi tersebut, idealnya dapat efektif mendorong perilaku impulse
buying, tetapi kenyataannya maraknya terpaan sales promotion dan intensitas
komunikasi peer group ternyata belum bisa mendorong terjadinya impulse buying.
Untuk itu, penelitian ini bertujuan untuk menyelidiki pengaruh terpaan sales
promotion Shopee dan intensitas komunikasi peer group terhadap perilaku impulse
buying produk fashion di platform Shopee pada Gen Z di Kota Semarang. Sebagai
landasan, peneliti merumuskan hipotesis mengacu pada penelitian terdahulu dengan
analisis regresi linear sederhana dengan teknik pengambilan sampel non-probability
sampling melalui convience sampling. Sampel berjumlah 100 dengan karakteristik
umur 18-26 tahun berdomisili Semarang.
Hasil hipotesis menunjukkan tidak adanya pengaruh terrpaan sales promotion
Shopee terhadap perilaku impulse buying produk fashion Shopee pada Gen Z di kota
Semarang dengan nilai sig. sebesar 0.399. Sedangkan pada intensitas komunikasi peer
group terdapat pengaruh dengan perilaku impulse buying produk fashion Shopee pada
Gen Z di kota Semarang dengan nilai sig, sebesar 0.019. Adanya penelitian ini, dapat
memberikan pertimbangan bagi penjual untuk menentukan strategi pemasaran dalam
meningkatkan penjualan produk mereka.
Kata kunci: Promosi penjualaan, teman sebaya, Pembelian Impulsif, Produk
Fashion Shopee

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Subjects: Social Science and Political Science
Divisions: Faculty of Social and Political Sciences > Department of Communication
Depositing User: diana nirwani
Date Deposited: 28 Jun 2024 04:29
Last Modified: 28 Jun 2024 04:29
URI: https://eprints2.undip.ac.id/id/eprint/24334

Actions (login required)

View Item View Item