Search for collections on Undip Repository

Aktivitas Antioksidan, Indeks Glikemik, dan Beban Glikemik Pada Kraker Mealworm (Tenebrio molitor)

Diva Firjatullah, Aurellia and Ayustaningwarno, Fitriyono and Marfu’ah Kurniawati, Dewi Aktivitas Antioksidan, Indeks Glikemik, dan Beban Glikemik Pada Kraker Mealworm (Tenebrio molitor). -. (Unpublished)

[img] Text
Abstrak.pdf

Download (12kB)

Abstract

Latar Belakang: Angka insidensi dan prevalensi DM Tipe 2 cenderung mengalami peningkatan di berbagai penjuru dunia. Kraker yang beredar dipasaran belum termasuk kategori makanan yang aman dikonsumsi oleh penderita DM Tipe 2, sehingga modifikasi kraker perlu dilakukan untuk meningkatkan kandungan nilai gizinya. Bubuk serangga memiliki kandungan senyawa bioaktif yang tinggi, termasuk asam amino esensial, asam lemak tak jenuh, dan serat, serta kandungan karbohidratnya yang rendah menjadi pilihan tepat sebagai bahan dasar kraker.

Tujuan: Menganalisis aktivitas antioksidan, indeks glikemik, dan beban glikemik yang terkandung dalam kraker mealworm.

Metode: Penelitian eksperimental rancangan acak lengkap satu faktor dengan 4 formulasi yaitu A (kontrol), serta B, C, dan D yang diurutkan berdasarkan persentase subtitusi mealworm yang ditambahkan, yaitu A (0%), B (15%), C (25%), D (35%). Uji aktivitas antioksidan, uji indeks glikemik, dan beban glikemik secara berurutan dilaksanakan menggunakan metode DPPH dan IAUC.

Hasil: Nilai IC50, indeks glikemik, dan beban glikemik kraker mealworm menurun secara signifikan seiring bertambahnya jumlah subtitusi mealworm yang ditambahkan.

Simpulan: Substitusi tepung mealworm pada kraker dapat menurunkan nilai IC50, indeks glikemik, dan beban glikemik secara signifikan.

Kata Kunci: aktivitas antioksidan, beban glikemik, indeks glikemik, kraker, ulat hongkong

Item Type: Article
Subjects: Medicine
Divisions: Faculty of Medicine > Department of Nutrition Science
Depositing User: Pustakawan Gizi
Date Deposited: 28 Jun 2024 01:07
Last Modified: 28 Jun 2024 01:07
URI: https://eprints2.undip.ac.id/id/eprint/24311

Actions (login required)

View Item View Item