Search for collections on Undip Repository

STATUS GIZI, ASUPAN LEMAK, NATRIUM, KALIUM, MAGNESIUM, DAN AKTIVITAS FISIK KARYAWAN PT INASENTRA UNISATYA KAITANNYA DENGAN KEJADIAN HIPERTENSI

Zakiyyah Asri, Basithatus and Widyastuti, Nurmasari and Nuryanto, Nuryanto and Probosari, Enny STATUS GIZI, ASUPAN LEMAK, NATRIUM, KALIUM, MAGNESIUM, DAN AKTIVITAS FISIK KARYAWAN PT INASENTRA UNISATYA KAITANNYA DENGAN KEJADIAN HIPERTENSI. -. (Unpublished)

[img] Text
Abstrak-Basithatus Zakiyyah Asri.pdf

Download (16kB)

Abstract

Latar Belakang : Hipertensi menjadi salah satu penyebab utama kematian global dengan prevalensi yang terus meningkat. Faktor risiko termasuk status gizi, asupan makanan, dan aktivitas fisik. Zat gizi yang penting dalam hal ini adalah lemak, natrium, kalium, dan magnesium.

Tujuan : Mengetahui hubungan status gizi, asupan lemak, natrium, kalium, magnesium, dan aktivitas fisik dengan kejadian hipertensi pada karyawan PT Inasentra Unisatya.

Metode : Studi observasional analitik dengan desain cross-sectional pada 53 karyawan aktif PT Inasentra Unisatya. Pengumpulan data meliputi pemeriksaan tekanan darah, pengukuran antropometri, wawancara asupan makanan, dan aktivitas fisik menggunakan kuesioner IPAQ. Analisis asupan makanan menggunakan Nutrisurvey, sementara analisis bivariat dilakukan dengan uji Chi-Square.

Hasil : Sebanyak 33 orang (62,3%) menderita hipertensi. Sebanyak 78,79% dari mereka berstatus gizi overweight dan obesitas, dan 12,12% memiliki asupan natrium tinggi. Status gizi (p=0,038) dan asupan natrium (p=0,05) berkorelasi signifikan dengan hipertensi. Usia (p<0,001) juga signifikan. Asupan lemak (p=0,191), kalium (p=0,692), magnesium (p=0,896), dan aktivitas fisik (p=0,425) tidak berkorelasi dengan hipertensi.

Simpulan : Status gizi dan asupan natrium berkorelasi dengan hipertensi pada karyawan, tetapi tidak dengan asupan lemak, kalium, magnesium, dan aktivitas fisik. Usia berkontribusi sebagai variabel perancu signifikan.

Kata Kunci : Hipertensi, Status Gizi, Asupan Zat Gizi, Aktivitas Fisik, Karyawan

Item Type: Article
Subjects: Medicine
Divisions: Faculty of Medicine > Department of Nutrition Science
Depositing User: Pustakawan Gizi
Date Deposited: 28 Jun 2024 01:04
Last Modified: 28 Jun 2024 01:04
URI: https://eprints2.undip.ac.id/id/eprint/24310

Actions (login required)

View Item View Item