Search for collections on Undip Repository

PENGARUH ONLINE CUSTOMER REVIEW DAN INFLUENCER MARKETING TERHADAP PURCHASE INTENTION BITTERSWEET BY NAJLA DI KOTA SEMARANG (STUDI PADA PENGGUNA TIKTOK)

Tampubolon, Julia Romaito (2024) PENGARUH ONLINE CUSTOMER REVIEW DAN INFLUENCER MARKETING TERHADAP PURCHASE INTENTION BITTERSWEET BY NAJLA DI KOTA SEMARANG (STUDI PADA PENGGUNA TIKTOK). Undergraduate thesis, FAKULTAS ILMU SOSIAL DAN ILMU POLITIK.

[img] Text
JULIA ROMAITO TAMPUBOLON_COVER.pdf - Submitted Version
Restricted to Repository staff only

Download (949kB)
[img] Text
JULIA ROMAITO TAMPUBOLON_BAB 1.pdf - Submitted Version

Download (745kB)
[img] Text
JULIA ROMAITO TAMPUBOLON_BAB 2..pdf - Submitted Version

Download (532kB)
[img] Text
JULIA ROMAITO TAMPUBOLON_BAB 3.pdf - Submitted Version
Restricted to Repository staff only

Download (404kB)
[img] Text
JULIA ROMAITO TAMPUBOLON_BAB 4.pdf - Submitted Version
Restricted to Repository staff only

Download (51kB)
[img] Text
JULIA ROMAITO TAMPUBOLON_DAFTAR PUSTAKA (1).pdf - Submitted Version

Download (121kB)
[img] Text
JULIA ROMAITO TAMPUBOLON_LAMPIRAN (2).pdf - Submitted Version
Restricted to Repository staff only

Download (1MB)

Abstract

Pemasaran saat ini banyak dilakukan secara daring melalui internet. Dalam mendukung proses pemasaran digital tersebut muncul beberapa aplikasi media sosial yang aktif digunakan oleh penjual ataupun konsumen, yaitu Tiktok. Aplikasi ini banyak digunakan oleh bidang usaha kuliner salah satunya adalah Bittersweet by Najla. Konten-konten promosi yang dihasilkan oleh Bittersweet by Najla menimbulkan Online Customer Review yang bermacam-macam. Dalam pra-survey yang dilakukan kepada 30 responden, ditemukan bahwa Online Customer Review merupakan faktor yang memengaruhi Minat Beli Bittersweet by Najla. Selain itu, Bittersweet by Najla juga memperkenalkan produknya bersama para influencer untuk menunjang popularitas. Influencer yang tepat dapat mendorong minat beli produk.
Tipe penelitian ini adalah explanatory research. Teknik pengambilan sampel menggunakan teknik non-probability sampling dengan metode purposive sampling. Pengumpulan data dilakukan dengan menyebar kuesioner kepada 100 responden. Metode analisis data yang digunakan adalah uji validitas, reliabilitas, koefisien korelasi, koefisien determinasi, regresi linear sederhana dan berganda, uji signifikansi t dan uji signifikansi F dengan menggunakan bantuan aplikasi SPSS Versi 25.
Hasil penelitian ini menunjukkan adanya pengaruh positif Online Customer Review dan Influencer Marketing terhadap Purchase Intention. Selain itu, ditemukan bahwa Online Customer Review dan Influencer Marketing secara secara bersamaan berpengaruh positif terhadap Purchase Intention Bittersweet by Najla di Kota Semarang.
Saran yang diberikan kepada Bittersweet by Najla adalah membenahi kualitas dan nilai produk yang dihasilkan untuk mencegah ulasan-ulasan buruk konsumen di sosial media serta menyesuaikan visual produk dalam konten promosi dengan visual produk yang sebenarnya. Bittersweet by Najla juga dapat memilih influencer marketing yang dapat dipercaya dalam menyampaikan informasi produk dan memiliki skill dalam mempromosikan produk. Keterampilan dan kesesuaian seorang influencer dengan produk yang diulasnya akan menarik minat beli konsumen.

Kata kunci : Online Customer Review, Influencer Marketing, Purchase Intention

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Subjects: Social Science and Political Science
Divisions: Faculty of Social and Political Sciences > Department of Business Administration
Depositing User: diana nirwani
Date Deposited: 27 Jun 2024 09:12
Last Modified: 27 Jun 2024 09:12
URI: https://eprints2.undip.ac.id/id/eprint/24294

Actions (login required)

View Item View Item