Search for collections on Undip Repository

PENGARUH CUSTOMER EXPERIENCE DAN BRAND TRUST TERHADAP MINAT BELI ULANG PADA PENGGUNA LAYANAN PESAN ANTAR GRABFOOD

Purwanto, Hariffa Mahanani (2024) PENGARUH CUSTOMER EXPERIENCE DAN BRAND TRUST TERHADAP MINAT BELI ULANG PADA PENGGUNA LAYANAN PESAN ANTAR GRABFOOD. Undergraduate thesis, FAKULTAS ILMU SOSIAL DAN ILMU POLITIK UNIVERSITAS DIPONEGORO.

[img] Text
COVER.pdf - Submitted Version
Restricted to Repository staff only

Download (655kB)
[img] Text
BAB 1.pdf - Submitted Version

Download (832kB)
[img] Text
BAB 2.pdf - Submitted Version

Download (192kB)
[img] Text
BAB 3.pdf - Submitted Version
Restricted to Repository staff only

Download (514kB)
[img] Text
BAB 4.pdf - Submitted Version

Download (45kB)
[img] Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf - Submitted Version

Download (105kB)

Abstract

Kontribusi aspek ekonomi digital di Indonesia telah mempermudah masyarakat
untuk melakukan kegiatan jual-beli menggunakan smartphone yang mereka miliki
sehingga memunculkan banyak perusahaan untuk menciptakan berbagai macam
jenis layanan online, seperti layanan transportasi, pengiriman barang, layanan
pembayaran tagihan, dan layanan pesan antar makanan. GrabFood merupakan salah
satu layanan pesan antar makanan online yang terhubung dengan berbagai mitra
restoran UMKM maupun pedagang non-UMKM. Posisi GrabFood dalam Top Of
Mind Layanan Pesan Antar Makanan Online tahun 2023 berada di posisi terendah
dibandingkan dengan para pesaingnya yaitu GoFood dan ShopeeFood. Selain itu,
jumlah nilai pembelian dari pengguna GrabFood tahun 2020 sampai dengan tahun
2022 mengalami fluktuasi bahkan penurunan yang didukung dengan banyaknya
keluhan yang disampaikan oleh konsumen GrabFood.
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh customer experience dan brand
trust terhadap minat beli ulang. Tipe penelitian yang digunakan ialah explanatory
research dengan teknik pengambilan sampel non probability sampling dengan
metode purposive sampling. Pengumpulan data dilakukan dengan menyebarkan
kuesioner kepada 100 responden yang merupakan pengguna layanan GrabFood.
Metode analisis data yang digunakan ialah kuantitatif dengan uji validitas,
reliabilitas, koefisien korelasi, koefisien determinasi, regresi linear sederhana dan
berganda, uji signifikan t dan f yang diolah menggunakan program SPSS versi 25.0.
Hasil penelitian menunjukkan adanya pengaruh positif dan signifikan secara parsial
maupun simultan antara variabel customer experience dan brand trust terhadap
minat beli ulang pada layanan GrabFood. Semakin baik pengalaman pelanggan
yang diberikan oleh GrabFood dan semakin tinggi kepercayaan yang dimiliki
konsumen, maka akan berdampak terhadap semakin tingginya keinginan konsumen
untuk melakukan pembelian ulang pada layanan GrabFood.
Kata Kunci : Customer Experience, Brand Trust, Minat Beli Ulang

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Subjects: Social Science and Political Science
Divisions: Faculty of Social and Political Sciences > Department of Business Administration
Depositing User: diana nirwani
Date Deposited: 27 Jun 2024 09:04
Last Modified: 27 Jun 2024 09:04
URI: https://eprints2.undip.ac.id/id/eprint/24291

Actions (login required)

View Item View Item