Search for collections on Undip Repository

KETERLIBATAN PERUSAHAAN MULTINASIONAL DALAM PENERAPAN SUSTAINABLE DEVELOPMENT GOALS (SDGs) DI INDONESIA: STUDI KASUS UNILEVER MELALUI STRATEGI UNILEVER COMPASS

Nathania, Jessica (2024) KETERLIBATAN PERUSAHAAN MULTINASIONAL DALAM PENERAPAN SUSTAINABLE DEVELOPMENT GOALS (SDGs) DI INDONESIA: STUDI KASUS UNILEVER MELALUI STRATEGI UNILEVER COMPASS. Undergraduate thesis, Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik Universitas Diponegoro.

[img] Text
COVER.pdf - Submitted Version
Restricted to Repository staff only

Download (839kB)
[img] Text
BAB I.pdf - Submitted Version

Download (561kB)
[img] Text
BAB II.pdf - Submitted Version

Download (923kB)
[img] Text
BAB III.pdf - Submitted Version
Restricted to Repository staff only

Download (5MB)
[img] Text
BAB IV.pdf - Submitted Version

Download (125kB)
[img] Text
DAFPUS.pdf - Submitted Version

Download (174kB)

Abstract

Perusahaan multinasional merupakan salah satu aktor dominan dalam ekonomi
politik internasional. Besarnya pengaruh ekonomi yang dimiliki membuat
keterlibatan perusahaan multinasional menjadi salah satu kunci keberhasilan
pembangunan internasional. Hal tersebut membuat peran perusahaan
multinasional menjadi krusial dalam pencapaian SDGs.
Oleh karena itu, penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan bagaimana
kontribusi salah satu perusahaan multinasional, Unilever, dalam menerapkan
SDGs di Indonesia melalui strategi Unilever Compass dengan metode kualitatif.
Penelitian ini dilakukan dengan landasan teori liberalisme-institusionalis dan
konsep corporate social responsibility (CSR).
Teori digunakan untuk mendeskripsikan bagaimana SDGs, sebagai norma
internasional, mempengaruhi pembentukan strategi keberlanjutan Unilever
Compass, sedangkan konsep CSR digunakan untuk menganalisis bentuk tanggung
jawab sosial yang dilakukan oleh Unilever Indonesia. Penelitian ini juga memuat
self-assessment terhadap strategi Unilever Compass berdasarkan panduan teknis
pemantauan dan evaluasi penerapan SDGs milik Bappenas.
Hasil dari penelitian menunjukan keberadaan institusi dan norma
internasional membentuk pola perilaku Unilever untuk mengintegrasikan SDGs
ke dalam pembentukan, penerapan, dan pelaporan Unilever Compass. Hasil
self-assessment menunjukkan bahwa penerapan program / inisiatif / kegiatan CSR
dalam strategi Unilever Compass relevan terhadap 36 indikator SDGs nasional.
Penelitian diakhiri dengan pemberian saran kepada berbagai pihak terkait.
Kata kunci: Perusahaan Multinasional, Unilever, Sustainable Development Goals,
Asesmen mandiri, CSR

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Subjects: Social Science and Political Science
Divisions: Faculty of Social and Political Sciences > Department of International Relations
Depositing User: diana nirwani
Date Deposited: 27 Jun 2024 07:55
Last Modified: 27 Jun 2024 07:55
URI: https://eprints2.undip.ac.id/id/eprint/24273

Actions (login required)

View Item View Item