Search for collections on Undip Repository

PENGARUH PENGETAHUAN HIJAU, NORMA SUBJEKTIF, DAN KEPEDULIAN LINGKUNGAN TERHADAP NIAT BELI PRODUK RAMAH LINGKUNGAN

Ningrum, Kumala Puspa (2024) PENGARUH PENGETAHUAN HIJAU, NORMA SUBJEKTIF, DAN KEPEDULIAN LINGKUNGAN TERHADAP NIAT BELI PRODUK RAMAH LINGKUNGAN. Undergraduate thesis, UNIVERSITAS DIPONEGORO FAKULTAS ILMU SOSIAL DAN ILMU POLITIK.

[img] Text
Cover.pdf - Submitted Version
Restricted to Repository staff only

Download (278kB)
[img] Text
BAB 1.pdf - Submitted Version

Download (315kB)
[img] Text
BAB 2.pdf - Submitted Version

Download (30kB)
[img] Text
BAB 3.pdf - Submitted Version
Restricted to Repository staff only

Download (397kB)
[img] Text
BAB 4.pdf - Submitted Version
Restricted to Repository staff only

Download (141kB)
[img] Text
BAB 5.pdf - Submitted Version

Download (15kB)
[img] Text
Daftar Pustaka.pdf - Submitted Version

Download (165kB)
[img] Text
Lampiran.pdf - Submitted Version
Restricted to Repository staff only

Download (601kB)

Abstract

Munculnya tren gaya hidup ramah lingkungan dan pola konsumsi sadar lingkungan meningkatkan niat beli atau keinginan masyarakat dalam melakukan pembelian produk ramah lingkungan. Meskipun demikian, tidak dapat dipungkiri bahwa produk tidak ramah lingkungan masih banyak digunakan oleh masyarakat. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh antara variabel pengetahuan hijau, norma subjektif, dan kepedulian lingkungan terhadap variabel niat beli produk ramah lingkungan. Teori yang digunakan dalam penelitian ini adalah Theory of Reasoned Action. Penelitian ini menggunakan teknik non-probability sampling dan mengambil sampel sebanyak 300 responden yang merupakan Generasi Z dan Milenial dalam rentang usia 17 – 40 tahun. Pengambilan sampel pada rentang usia ini didasari oleh banyaknya Generasi Z dan Milenial yang menunjukkan kepeduliannya terhadap produk ramah lingkungan. Pengujian hipotesis dilakukan dengan menggunakan analisis regresi linier berganda dengan menggunakan software SPSS. Hasil penelitian menunjukkan bahwa pengetahuan hijau, norma subjektif, dan kepedulian lingkungan berpengaruh secara simultan terhadap niat beli produk ramah lingkungan dengan nilai signifikansi 0,000 < 0,05 yang berarti sangat signifikan. Selain itu, nilai koefisien determinasi (R Square) menunjukkan nilai 0,537 yang berarti bahwa pengetahuan hijau, norma subjektif, dan kepedulian lingkungan berpengaruh sebesar 53,7% terhadap niat beli produk ramah lingkungan yang dimiliki oleh responden dan berada pada kategori pengaruh moderat atau sedang. Oleh karena itu, hipotesis yang diajukan dalam penelitian ini diterima dan temuan penelitian sejalan dengan teori yang digunakan dalam penelitian ini bahwa sikap atau perilaku dan norma subjektif dapat memprediksi munculnya niat beli pada diri seseorang.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Subjects: Social Science and Political Science
Divisions: Faculty of Social and Political Sciences > Department of Communication
Depositing User: diana nirwani
Date Deposited: 27 Jun 2024 07:51
Last Modified: 27 Jun 2024 07:51
URI: https://eprints2.undip.ac.id/id/eprint/24267

Actions (login required)

View Item View Item