Search for collections on Undip Repository

PROFIL ASAM LEMAK DAN ASAM AMINO BISKUIT IBU HAMIL DENGAN SUBSTITUSI TEPUNG KACANG HIJAU (VIGNA RADIATA, L.) DAN KACANG MERAH (PHASEOLUS VULGARIS, L.)

Izzatul Aden, Nurul and Nur Afifah, Diana and Purwanti, Rachma and Ayustaningwarno, Fitriyono PROFIL ASAM LEMAK DAN ASAM AMINO BISKUIT IBU HAMIL DENGAN SUBSTITUSI TEPUNG KACANG HIJAU (VIGNA RADIATA, L.) DAN KACANG MERAH (PHASEOLUS VULGARIS, L.). -. (Unpublished)

[img] Text
Abstrak-Nurul Izzatul Aden.pdf

Download (22kB)

Abstract

Latar Belakang: Anemia (48,9%), KEK (17,3%), sepsis (15%), dan komplikasi selama persalinan (24%) menjadi masalah gizi pada ibu hamil di Indonesia. Hal itu dapat berakibat kepada gangguan pertumbuhan dan perkembangan kognitif pada bayi yang dilahirkan. Makanan tambahan seperti biskuit menjadi upaya pencegahan masalah gizi pada ibu hamil maupun balita. Kacang hijau dan kacang merah merupakan serealia yang memiliki kandungan asam lemak dan asam amino yang cukup tinggi.
Tujuan: Mendeskripsikan dan menganalisis pengaruh subtitusi tepung kacang hijau dan kacang merah terhadap kadar asam lemak esensial dan asam amino esensial.
Metode: Penelitian eksperimental dengan Rancangan Acak Lengkap (RAL) satu faktor pada empat taraf perlakuan F0: kontrol tanpa substitusi tepung kacang hijau atau merah; F1: substitusi tepung kacang hijau (26,3%); F2: substitusi tepung kacang merah (26,3%); F3: substitusi tepung kacang hijau (19,7%) dan tepung kacang merah (13,1%). Uji kandungan asam lemak dengan metode Gas Chromatography dan uji kandungan asam amino dengan metode High Performance Liquid Chromatography. Uji statistika dengan one way ANOVA dan uji Kruskal-Wallis.
Hasil: Substitusi tepung kacang hijau dan kacang merah memberikan pengaruh terhadap kadar asam linolenat (p=0,024), asam linoleat (p=0,048), asam amino histidin (p=0,042), threonin (p=0,041), lisin (p=0,011), dan arginin (p= 0,049) dengan rerata kadar tertinggi pada F3. Namun tidak berpengaruh terhadap kadar asam gamma-linolenat, asam amino glisin, tirosin, metionin, valin, fenilalanin, isoleusin, dan leusin.
Simpulan: Substitusi tepung kacang hijau dan kacang merah memengaruhi kadar asam lemak omega-3 (asam linolenat), asam lemak omega-6 (asam linoleat), asam amino histidin, threonin, lisin, dan arginin.

Kata Kunci: asam lemak, asam amino, kacang hijau, kacang merah, biskuit, kehamilan

Item Type: Article
Subjects: Medicine
Divisions: Faculty of Medicine > Department of Nutrition Science
Depositing User: Pustakawan Gizi
Date Deposited: 27 Jun 2024 07:37
Last Modified: 27 Jun 2024 07:37
URI: https://eprints2.undip.ac.id/id/eprint/24266

Actions (login required)

View Item View Item