Search for collections on Undip Repository

HUBUNGAN DOSIS TOTAL PAPARAN RADIASI PADA REKTUM DENGAN KEJADIAN PROKTITIS PASIEN KANKER SERVIKS UTERI PASCA RADIASI

Ratnasari, Vina and Nawangsih, christina hari and Nuriya, Maya and Sukmaningtyas, Hermina and Santoso, Antonius Gunawan and Baskoro, Nurdopo (2024) HUBUNGAN DOSIS TOTAL PAPARAN RADIASI PADA REKTUM DENGAN KEJADIAN PROKTITIS PASIEN KANKER SERVIKS UTERI PASCA RADIASI. Masters thesis, Universitas Diponegoro.

[img] Text (VINA RATNASARI-22040920320007-TESIS-ABSTRAK)
VINA RATNASARI-22040920320007-TESIS-ABSTRAK.pdf

Download (10kB)

Abstract

Latar Belakang: Proktitis radiasi adalah peradangan lapisan rektum akibat paparan radiasi dan merupakan komplikasi tersering pasien kanker serviks uteri pasca radiasi. Hal ini berkorelasi dengan teknik dan dosis radiasi pada organ target serta paparan radiasi pada organ berisiko. Evaluasi menggunakan pencitraan CT Scan dan MRI dapat membantu mendiagnosis dan mengevaluasi keparahan lesi pada rektum akibat radiasi.
Tujuan: Menganalisis hubungan antara besar dosis total paparan radiasi pada rektum dengan kejadian proktitis pasien kanker serviks uteri pasca radiasi.
Metode: Penelitian observasional analitik ini dilakukan pada pasien kanker serviks uteri yang telah selesai radiasi eksterna dan brakiterapi minimal 3 bulan periode Januari 2019 - Desember 2023 kemudian dilakukan evaluasi pencitraan CT Scan Abdomen atau Pelvis dengan kontras atau MRI Pelvis dengan kontras serta menganalisis hubungan antara besar dosis total paparan radiasi pada rektum dengan kejadian proktitis pasca radiasi. Analisis perbedaan besar dosis total paparan radiasi pada rektum dengan uji Mann-Whitney, dimana nilai p <0.05 dianggap signifikan secara statistik.
Hasil: Total sebanyak 70 subjek diikutsertakan dalam studi ini. Subyek dibagi menjadi 2 kelompok yaitu dengan proktitis dan tanpa proktitis. Nilai rerata total dosis paparan radiasi eksterna (ER) dan brakiterapi (BT) pada subjek dengan proktitis dan tanpa proktitis adalah 51,20±4,10 dan 42,28±2,17. Terdapat perbedaan bermakna antara besar dosis total paparan radiasi eksterna dan brakiterapi pada pasien kanker serviks uteri pasca radiasi yang mengalami proktitis dan tidak (p<0.001).
Kesimpulan: Terdapat perbedaan signifikan antara besar total dosis paparan radiasi eksterna dan brakiterapi pada rektum pada pasien dengan proktitis dan tanpa proktitis.

Kata kunci: Proktitis radiasi, kanker serviks uteri, radiasi eksterna, brakiterapi, besar total dosis paparan, CT Scan, MRI

Item Type: Thesis (Masters)
Uncontrolled Keywords: Proktitis radiasi, kanker serviks uteri, radiasi eksterna, brakiterapi, besar total dosis paparan, CT Scan, MRI
Subjects: Medicine
Divisions: Faculty of Medicine > Master Program of Specialist Medical
Depositing User: Upload Mandiri FK
Date Deposited: 27 Jun 2024 08:41
Last Modified: 27 Jun 2024 08:41
URI: https://eprints2.undip.ac.id/id/eprint/24245

Actions (login required)

View Item View Item