Search for collections on Undip Repository

PENGARUH PROMOSI, E-WOM, DAN LOKASI TERHADAP KEPUTUSAN MENGINAP PADA QUEEN GARDEN HOTEL BATURRADEN PURWOKERTO

Fadhila, Salwa Nafa (2024) PENGARUH PROMOSI, E-WOM, DAN LOKASI TERHADAP KEPUTUSAN MENGINAP PADA QUEEN GARDEN HOTEL BATURRADEN PURWOKERTO. Undergraduate thesis, Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik Universitas Diponegoro.

[img] Text
COVER.pdf - Submitted Version
Restricted to Repository staff only

Download (1MB)
[img] Text
BAB I.pdf - Submitted Version

Download (1MB)
[img] Text
BAB II.pdf - Submitted Version

Download (923kB)
[img] Text
BAB III.pdf - Submitted Version
Restricted to Repository staff only

Download (1MB)
[img] Text
BAB IV.pdf - Submitted Version

Download (400kB)
[img] Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf - Submitted Version

Download (316kB)
[img] Text
LAMPIRAN.pdf - Submitted Version
Restricted to Repository staff only

Download (1MB)

Abstract

Persaingan bisnis perhotelan semakin ketat, perusahaan harus saling berebut untuk
mendapatkan konsumen. Untuk menentukan keputusan menginap dapat
dipengaruhi oleh berbagai variabel seperti promosi, word of mouth, dan lokasi.
Contohnya di Baturraden, hotel semakin banyak. Salah satunya Queen Garden
Hotel yang mengalami tingkat occupancy yang fluktuatif. Naik turunnya tingkat
hunian dapat dipengaruhi oleh berbagai hal seperti kurangnya promosi yang
dilakukan, ulasan yang negative dari konsumen, dan lokasi yang kurang strategis.
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh promosi, e-wom, dan lokasi
terhadap keputusan menginap di Queen Garden Hotel.
Penelitian ini menggunakan analisis kuantitatif dengan tipe explanatory
research. Metode pengambilan sampel menggunakan non probability sampling
melalui teknik purposive dan accidental ampling. Pengumpulan data melalui
penyebaran kuesioner, dokumen dari Queen Garden Hotel Baturraden, dan Internet.
Populasi dalam penelitian ini adalah konsumen yang menginap di Queen Garden
Hotel, dengan sampel sebanyak 97 responden. Pengolahan data dalam penelitian
ini menggunakan perangkat lunak SPSS yang membantu untuk uji validitas, uji
reliabilitas, uji koefisien korelasi, uji koefisien determinasi, analisis regresi
sederhana dan berganda serta uji t dan uji F.
Hasil pada penelitian ini terdapat pengaruh positif dan signifikan antara
promosi, e-wom, dan lokasi terhadap keputusan menginap. Hubungan ketiga
variabel terhadap keputusan menginap sangat kuat. Dari ketiga variabel tersebut
menunjukkan bahwa promosi menjadi variabel yang paling berpengaruh terhadap
keputusan menginap. Diharapkan Queen Garden Hotel dapat meningkatkan
kualitas promosi untuk menarik minat konsumen dan memberikan ulasan yang
positif. Selain itu, untuk variabel lokasi diharapkan mampu menyediakan tempat
parkir yang nyaman bagi konsumen.
Kata kunci: Promosi, E-WOM, Lokasi, Keputusan Menginap

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Subjects: Social Science and Political Science
Divisions: Faculty of Social and Political Sciences > Department of Business Administration
Depositing User: diana nirwani
Date Deposited: 27 Jun 2024 05:44
Last Modified: 27 Jun 2024 05:44
URI: https://eprints2.undip.ac.id/id/eprint/24236

Actions (login required)

View Item View Item