Search for collections on Undip Repository

Keikutsertaan Ibu pada Kelas Ibu Hamil dan Kelas Ibu Balita, serta Frekuensi Pemanfaatan Layanan Posyandu pada Balita Stunting dan Tidak Stunting (Analisis SSGI 2021)

Zuliana, Ayu and Nuryanto, Nuryanto and Rahadiyanti, Ayu and Purwanti, Rachma Keikutsertaan Ibu pada Kelas Ibu Hamil dan Kelas Ibu Balita, serta Frekuensi Pemanfaatan Layanan Posyandu pada Balita Stunting dan Tidak Stunting (Analisis SSGI 2021). -. (Unpublished)

[img] Text
Abstrak-Ayu Zuliana.pdf

Download (175kB)

Abstract

Latar Belakang: Stunting masih menjadi permasalahan kesehatan yang belum dapat teratasi dan menjadi fokus perhatian pemerintah. Kelas Ibu Hamil, Kelas Ibu Balita, dan pemanfaatan posyandu merupakan beberapa faktor yang dapat memengaruhi stunting kaitannya dengan pengetahuan dan perilaku ibu dalam praktik pencegahan stunting.

Tujuan: Menganalisis keikutsertaan ibu pada Kelas Ibu Hamil, Kelas Ibu Balita, dan frekuensi pemanfaatan pelayanan posyandu pada balita stunting dan tidak stunting.

Metode: Penelitian observasional analitik dengan desain cross-sectional menggunakan data sekunder Studi Status Gizi Indonesia (SSGI) 2021. Subjek adalah 30810 balita berusia 12 – 59 bulan. Variabel bebas penelitian adalah keikutsertaan ibu pada Kelas Ibu Hamil, keikutsertaan ibu pada Kelas Ibu Balita, pemanfaatan layanan posyandu, dan frekuensi pemanfaatan layanan posyandu. Data dianalisis menggunakan uji Chi-Square dan uji regresi logistik.

Hasil: Analisis multivariat menunjukkan ibu yang tidak mengikuti Kelas Ibu Hamil (OR=1,399) dan tidak mengikuti Kelas Ibu Balita (OR=1,201) berpengaruh terhadap kejadian stunting. Selain itu, penyakit infeksi (OR=11,671) menjadi faktor yang paling memengaruhi kejadian stunting. Frekuensi pemanfaatan pelayanan posyandu menjadi faktor protektif terjadinya stunting (OR=0,9).

Simpulan: Balita dengan ibu yang tidak mengikuti Kelas Ibu Hamil dan Kelas Ibu Balita lebih berisiko untuk mengalami stunting dibandingkan balita dengan ibu yang mengikuti Kelas Ibu Hamil maupun Kelas Ibu Balita. Akan tetapi, faktor yang paling dominan berpengaruh terhadap kejadian stunting adalah penyakit infeksi.

Kata Kunci: stunting, kelas ibu hamil, kelas ibu balita, posyandu, balita

Item Type: Article
Subjects: Medicine
Divisions: Faculty of Medicine > Department of Nutrition Science
Depositing User: Pustakawan Gizi
Date Deposited: 27 Jun 2024 04:54
Last Modified: 27 Jun 2024 04:54
URI: https://eprints2.undip.ac.id/id/eprint/24231

Actions (login required)

View Item View Item