Search for collections on Undip Repository

HUBUNGAN DIET DASH (Dietary Approaches to Stop Hypertension) DENGAN KEJADIAN OBESITAS DAN HIPERTENSI PADA PRA-LANSIA DAN LANSIA DI KOTA SEMARANG

Puspita Marlangen, Dyah and Syauqy, Ahmad and Candra, Aryu HUBUNGAN DIET DASH (Dietary Approaches to Stop Hypertension) DENGAN KEJADIAN OBESITAS DAN HIPERTENSI PADA PRA-LANSIA DAN LANSIA DI KOTA SEMARANG. -. (Unpublished)

[img] Text
Abstrak.pdf

Download (160kB)

Abstract

Latar Belakang: Kasus penyakit tidak menular (PTM) di Provinsi Jawa Tengah dengan proporsi yang cukup tinggi, antara lain hipertensi dan obesitas. Diet DASH (Dietary Approaches to Stop Hypertension) menjadi strategi penatalaksanaan diet yang sering direkomendasikan untuk mengendalikan tekanan darah dan berperan dalam menurunkan berat badan.

Tujuan: Penelitian ini bertujuan untuk melihat hubungan penerapan diet DASH dengan kejadian obesitas dan hipertensi pada pra-lansia dan lansia.

Metode: Penelitian observasional dengan desain studi cross sectional, bertempat di Puskesmas Kedungmundu dan Bandarharjo, Kota Semarang, dengan jumlah 125 sampel pra-lansia dan lansia berusia >45 tahun. Data yang dikumpulkan meliputi karakteristik subjek, asupan makan dengan metode SQ-FFQ, antropometri (berat badan, tinggi badan, lingkar pinggang dan panggul, persen lemak tubuh), dan gaya hidup (aktivitas fisik dan perilaku merokok). Analisis data menggunakan SPSS dengan interval kepercayaan 95% dan disajikan dalam bentuk n (%) dan rerata±SD menggunakan uji chi-square, one way ANOVA, serta analisis multivariat menggunakan regresi logistik.

Hasil: Setelah disesuaikan dengan variabel perancu, tingginya penerapan diet DASH berkaitan dengan kejadian obesitas (OR 0,28; 95% CI 0,05 – 1,54; p 0,146) tetapi hubungan tersebut tidak signifikan secara statistik. Selain itu, semakin tingginya penerapan diet DASH juga berhubungan dengan kejadian hipertensi (OR 0,19; 95% CI 0,06 – 0,57; p 0,003).

Simpulan: Terdapat hubungan antara diet DASH dengan kejadian obesitas dan hipertensi pada pra-lansia dan lansia. Hal tersebut menjukkan, diet DASH dapat menurunkan tekanan darah, dan juga penerapan diet DASH dapat menurunkan peluang kejadian obesitas tetapi tidak secara signifikan.

Kata kunci: DASH, Obesitas, Hipertensi, Tekanan darah

Item Type: Article
Subjects: Medicine
Divisions: Faculty of Medicine > Department of Nutrition Science
Depositing User: Pustakawan Gizi
Date Deposited: 27 Jun 2024 04:50
Last Modified: 27 Jun 2024 04:50
URI: https://eprints2.undip.ac.id/id/eprint/24230

Actions (login required)

View Item View Item