Search for collections on Undip Repository

PENGEMBANGAN METODE ANALISIS KADAR TIMBAL DALAM IKAN LELE (Clarias sp.) DENGAN PENGOMPLEKS ALIZARINE RED S METODE SPEKTROFOTOMETRI UV-VIS

Silalahi, Dian Gabriella and Saraswati, Indah and Rohana, Evieta (2024) PENGEMBANGAN METODE ANALISIS KADAR TIMBAL DALAM IKAN LELE (Clarias sp.) DENGAN PENGOMPLEKS ALIZARINE RED S METODE SPEKTROFOTOMETRI UV-VIS. Undergraduate thesis, Universitas Diponegoro.

[img] Text (Abstrak-KTI)
Abstrak-KTI.pdf

Download (16kB)

Abstract

Latar belakang: Ikan lele memiliki kemampuan untuk menyerap dan memproses timbal di tubuhnya. Oleh karena sifat berbahaya timbal bagi kesehatan manusia, penting untuk menentukan kandungan timbal dengan menggunakan metode analisis yang akurat agar hasilnya juga dapat dipercaya. Metode Spektrofotometri UV-Vis digunakan untuk analisis logam menggunakan reagen pengompleks. Reagen pengompleks yang digunakan adalah Alizarin Red S (ARS) sebab ARS dapat membentuk kompleks dengan timbal. Oleh sebab itu, perlu dilakukan penelitian terkait pengembangan metode analisis kadar timbal dalam ikan lele dengan pengompleks ARS metode Spektrofotometri UV-Vis.
Tujuan: Mengetahui kondisi optimal reaksi kompleksasi Pb(II)-ARS dan metode pengompleksasian Pb(II)-ARS yang dapat memenuhi persyaratan validasi.
Metode: Penelitian ini merupakan penelitian eksperimental untuk mengetahui kondisi optimal kompleksasi Pb(II)-ARS menggunakan spektrofotometri UV-Vis dicari dengan optimasi pelarut, pH dan perbandingan mol. Penelitian dilanjutkan dengan ekstraksi plasebo, uji validasi, dan penetapan kadar Pb dalam ikan lele.
Hasil: Kondisi optimal reaksi kompleksasi Pb(II)-ARS dengan perbandingan Pb(II):ARS=(6:1) pada pH 7 dalam etanol. Pada validasi dihasilkan regresi linier y = 0,0143x + 0,3766 dengan nilai R2 = 0,9449; LOD = 5,743 ppm; LOQ = 19,144 ppm; nilai RSD intra-day 0,1009%; RSD inter-day 0,1554 %; dan nilai recovery pada larutan kompleks analit timbal (Pb) 20, 25, dan 30 ppm masing-masing 97,917%; 103,713%; dan 98,66%. Kadar timbal Pb yang didapatkan dari 3 kali replikasi dalam satu daging ikan lele sebanyak 0,0629 mg/kg.
Kesimpulan: Kondisi optimal reaksi kompleksisasi Pb(II)-ARS terjadi pada perbandingan mol Pb(II):ARS=6:1, dikondisikan pada pH 7 dalam perut etanol dan hasil validasi kompleksisasi Pb(II):ARS sudah memenuhi parameter validasi.

Kata kunci: timbal, ikan lele (Clarias sp.), spektrofotometri UV-Vis, ARS.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Uncontrolled Keywords: Kata kunci: timbal, ikan lele (Clarias sp.), spektrofotometri UV-Vis, ARS.
Subjects: Medicine
Divisions: Faculty of Medicine > Department of Pharmacy
Depositing User: Upload Mandiri FK
Date Deposited: 27 Jun 2024 06:57
Last Modified: 27 Jun 2024 06:57
URI: https://eprints2.undip.ac.id/id/eprint/24226

Actions (login required)

View Item View Item