Search for collections on Undip Repository

EfektivitasPenerapanSistemManajemen PengaduanOnlineInteraktif (SIMPONI)diKabupatenKudusPadaTahun2021-2022

Zahra, Naily Fairuz (2024) EfektivitasPenerapanSistemManajemen PengaduanOnlineInteraktif (SIMPONI)diKabupatenKudusPadaTahun2021-2022. Undergraduate thesis, FAKULTAS ILMU SOSIAL DAN ILMU POLITIK UNIVERSITAS DIPONEGORO.

[img] Text
COVER.pdf - Submitted Version
Restricted to Repository staff only

Download (369kB)
[img] Text
BAB 1.pdf - Submitted Version

Download (309kB)
[img] Text
BAB 2.pdf - Submitted Version

Download (743kB)
[img] Text
BAB 3.pdf - Submitted Version
Restricted to Repository staff only

Download (1MB)
[img] Text
BAB 4.pdf - Submitted Version
Restricted to Repository staff only

Download (152kB)
[img] Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf - Submitted Version

Download (164kB)
[img] Text
LAMPIRAN.pdf - Submitted Version
Restricted to Repository staff only

Download (986kB)

Abstract

PerkembanganTeknologiInformasidanKomunikasi(TIK)telahmembawa
perubahanyangsiginifikan diberbagaibidang,termasukpemerintahan. Salahsatu
wujudnyaadalahaplikasi SIMPONIyangmerupakanlayananpengaduanberbasis
digital di Kabupaten Kudus. SIMPONI dimanfaatkan sebagai wadah bagi
masyarakat untuk menyampaikan permasalahan maupun apresiasi kepada
PemerintahKabupatenKudus.
Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis bagaimana efektivitas
penerapanSIMPONIdiKabupatenKuduspadatahun2021-2022 serta faktoryang
mempengaruhinya. TeoriyangdigunakanadalahteoriefektivitaskebijakanRiant
Nugroho (2012) yang terdiri dari “lima tepat”, yaitu tepat kebijakan, tepat
pelaksanaan, tepat target, tepat lingkungan, dan tepat proses. Metode yang
digunakanadalahkualitatifdeskriptif.
HasilpenelitianmenunjukkanbahwapenerapanSIMPONIkurangefektif.
Darikelimaaspekpenilaianhanyaditemukanduaaspekyangefektif,yaitutepat
targetdantepatproses.Sedangkanketigaaspeklainnyabelumefektif.Aspektepat
kebijakan belum efektif karena kebijakan SIMPONI dihadirkan tanpa adanya
masalah darurat yang memerlukan kebijakan tersebut. Aspek tepat pelaksanaan
kebijakan SIMPONI juga belum efektif, ditunjukkan oleh data peningkatan
penggunaSIMPONIdaritahun2021-2022,namunfaktadilapanganmasihbanyak
masyarakat yang belummengetahui aplikasi SIMPONI. Aspek tepat lingkungan
belumefektifkarenaopinipublikmenunjukkanmayoritaspenggunamenyatakan
SIMPONI masih memerlukan perbaikan teknis maupun non teknis. Meskipun
secara keseluruhan efektivitas penerapan SIMPONI dinilai kurang, aplikasi ini
tetap memberikan dampak positif terhadap pelayanan publik dengan
mempermudah masyarakat menyampaikan aduan kepada pemerintah. Faktor
pendukung kebijakan SIMPONI yaitu tersedianyasumber daya manusia, sarana
danprasarana,sertaanggaran.SedangkanfaktorpenghambatkebijakanSIMPONI
adalah kurangnya sosialisasi terkait aplikasi SIMPONI secara luas dan kurang
maksimalnyapemeliharaanaplikasiSIMPONI.
UntukmeningkatkanefektivitasaplikasiSIMPONI,DinasKominfobeserta
lembaga terkait perlu melakukan sosialisasi menggunakan berbagai saluran
komuikasi untuk menjangkau seluruh lapisan masyarakat. Perbaikan dan
pengembangkan aplikasi secara teknis maupun non teknis juga diperlukan agar
SIMPONIdapatefektif,efisien,danrelevandengankebutuhanmasyarakat.
KataKunci:SIMPONI,LayananPengaduan,Digital,Efektivitas.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Subjects: Social Science and Political Science
Divisions: Faculty of Social and Political Sciences > Department of Government Science
Depositing User: diana nirwani
Date Deposited: 27 Jun 2024 04:43
Last Modified: 27 Jun 2024 04:43
URI: https://eprints2.undip.ac.id/id/eprint/24215

Actions (login required)

View Item View Item