Search for collections on Undip Repository

PENGARUH PAYLATER PAYMENT METHOD DAN SALES PROMOTION TERHADAP IMPULSE BUYING PADA PENGGUNA BLIBLI (STUDI PADA KONSUMEN BLIBLI SEGMEN FASHION DI KOTA SEMARANG)

Laksita, Regina Natya (2024) PENGARUH PAYLATER PAYMENT METHOD DAN SALES PROMOTION TERHADAP IMPULSE BUYING PADA PENGGUNA BLIBLI (STUDI PADA KONSUMEN BLIBLI SEGMEN FASHION DI KOTA SEMARANG). Undergraduate thesis, FAKULTAS ILMU SOSIAL DAN ILMU POLITIK.

[img] Text
COVER.pdf - Submitted Version
Restricted to Repository staff only

Download (855kB)
[img] Text
BAB I.pdf - Submitted Version

Download (845kB)
[img] Text
BAB II.pdf - Submitted Version

Download (403kB)
[img] Text
BAB III.pdf - Submitted Version
Restricted to Repository staff only

Download (740kB)
[img] Text
BAB IV.pdf - Submitted Version

Download (114kB)
[img] Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf - Submitted Version

Download (162kB)
[img] Text
LAMPIRAN.pdf - Submitted Version
Restricted to Repository staff only

Download (1MB)

Abstract

Teknologi yang semakin berkembang, membuat akses internet menjadi lebih mudah, sehingga informasi akan lebih mudah disebar dan ditemukan. Hal tersebut berdampak besar pada sistem jual beli atau berbisnis, yaitu hadirnya E-Commerce. Meningkatnya aktivitas jual beli online di Indonesia telah menghasilkan sebuah fenomena yang menarik, yaitu persaingan pasar yang semakin ketat di antara perusahaan e-commerce. Akan tetapi, Blibli sebagai salah satu E-Commerce besar di Indonesia mengalami penuruna pendapatan dari tahun sebelumnya berdasarkan Annual Report Blibli 2023. Selain itu, jumlah Total Processing Value Blibli masih tertinggal jauh dibandingkan E-Commerce lainnya sehingga Blibli diasumsikan belum mampu menjadi top of mind share, top of market share, dan top of commitment share. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh paylater payment method dan sales promotion terhadap impulse buying.
Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif. Penelitian ini termasuk ke dalam explanatory research menggunakan teknik pengambilan sampel non probability sampling dengan metode purposive sampling. Sampel dalam penelitian ini menggunakan rumus lemeshow dengan jumlah 97 responden yang merupakan konsumen Blibli segmen fashion yang pernah menggunakan payltaer dan promosi Blibli di Kota Semarang. Teknik analisis dalam penelitian ini menggunakan uji validitas, uji reliabilitas, uji koefisien korelasi, uji koefisien determinasi, uji regresi linear sederhana, uji linear berganda, dan uji asumsi klasik dengan bantuan software SPSS versi 27.
Penelitian ini menghasilkan temuan yang menunjukkan bahwa paylater payment method dan sales promotion secara parsial dan simultan berpengaruh secara positif dan signifikan terhadap impulse buying pada Pengguna Blibli. Penelitian ini menyarankan agar membuat survey kepuasan pelanggan untuk mengevaluasi customer service, menyederhanakan langkah-langkah atau prosedur yang harus dilakukan dalam proses pembayaran, melakukan diversifikasi promo, dan pemberian insentif tambahan seperti hadiah gratis untuk pembelian dalam jangka waktu tertentu.
Kata kunci: paylater payment method, sales promotion, impulse buying

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Subjects: Social Science and Political Science
Divisions: Faculty of Social and Political Sciences > Department of Business Administration
Depositing User: diana nirwani
Date Deposited: 27 Jun 2024 04:20
Last Modified: 27 Jun 2024 04:20
URI: https://eprints2.undip.ac.id/id/eprint/24212

Actions (login required)

View Item View Item