Search for collections on Undip Repository

Konsumsi Sayur Dan Buah Dengan Kadar Hemoglobin Siswi MTs SA PP Al-Falah

Jawi Riantari Kambu, Nurmarita and Widyastuti, Nurmasari and Candra, Aryu and Purwanti, Rachma Konsumsi Sayur Dan Buah Dengan Kadar Hemoglobin Siswi MTs SA PP Al-Falah. -. (Unpublished)

[img] Text
Nurmarita Jawi Riantari Kambu_Abstrak.pdf

Download (40kB)

Abstract

Latar belakang: Anemia pada remaja memberikan dampak penurunan konsentrasi saat kegiatan belajar, penurunan kesegaran jasmani, dan menyebabkan gangguan pertumbuhan. Salah satu faktor penyebabnya yaitu kurangnya konsumsi zat besi. Anemia juga dapat dipengaruhi oleh faktor enhancer dan inhibitor. Sumber pangan enhancer banyak ditemukan pada sayur dan buah.

Tujuan: Menganalisis konsumsi sayur dan buah dengan kadar hemoglobin siswi MTs SA PP Al-Falah.

Metode: Desain penelitian ini adalah cross-sectional. Subjek adalah 40 siswi MTs SA PP Al-Falah yang dipilih dengan teknik purposive sampling. Data yang dikumpulkan adalah konsumsi sayur, konsumsi buah, asupan protein, asupan zat besi, asupan vitamin C, asupan kalsium, berat badan, tinggi badan, dan kadar hemoglobin. Analisis bivariat menggunakan chi-square dan analisis multivariat menggunakan uji regresi logistik.

Hasil: Sebanyak 47,5% subjek mengalami anemia. Konsumsi sayur subjek berdasarkan jumlah sayur 100% dalam kategori kurang, berdasarkan jenis sayur 50% dalam kategori cukup, berdasarkan frekuensi sayur 52,5% dalam kategori cukup. Konsumsi buah subjek berdasarkan jumlah buah 52,5% dalam kategori cukup, berdasarkan jenis buah 67,5% dalam kategori cukup, berdasarkan frekuensi buah 52,5% dalam kategori cukup. Tidak ada hubungan konsumsi sayur, konsumsi buah, asupan protein, asupan zat besi, asupan vitamin C, dan asupan kalsium dengan kadar hemoglobin. Ada hubungan status gizi dengan kadar hemoglobin (p=0,014).

Kesimpulan: Tidak ada hubungan konsumsi sayur dan buah dengan kadar hemoglobin siswi MTs SA PP Al-Falah.

Kata kunci: Konsumsi sayur, Konsumsi buah, Kadar hemoglobin, Remaja Putri

Item Type: Article
Subjects: Medicine
Divisions: Faculty of Medicine > Department of Nutrition Science
Depositing User: Pustakawan Gizi
Date Deposited: 27 Jun 2024 04:17
Last Modified: 27 Jun 2024 04:17
URI: https://eprints2.undip.ac.id/id/eprint/24210

Actions (login required)

View Item View Item