Search for collections on Undip Repository

Hubungan Asupan Zat Gizi Mikro dengan Kadar Hemoglobin Remaja Putri di MTs SA PP Al-Falah

Nanda Sevita, Oeni and Widyastuti, Nurmasari and Candra, Aryu and Pramono, Adriyan Hubungan Asupan Zat Gizi Mikro dengan Kadar Hemoglobin Remaja Putri di MTs SA PP Al-Falah. -. (Unpublished)

[img] Text
Abstrak-Oeni Nanda Sevita.pdf

Download (162kB)

Abstract

Latar belakang: Anemia merupakan kondisi ketika jumlah sel darah merah atau konsentrasi hemoglobin dibawah normal. Asupan zat gizi dapat mempengaruhi pembentukan sel darah merah. Pembentukan sel darah merah yang terganggu dapat disebabkan oleh makanan yang dikonsumsi kurang mengandung zat gizi terutama zat gizi penting seberti besi, asam folat, vitamin B12, protein, vitamin C, dan zat gizi lainnya.
Tujuan: Mengetahui hubungan asupan zat gizi mikro dengan kadar hemoglobin remaja putri di MTs SA PP Al-Falah
Metode: Penelitian ini menggunakan rancangan penelitian cross sectional. Subjek adalah 40 siswi MTs SA PP Al-Falah yang dipilih dengan teknik purposive sampling yang memenuhi kriteria inklusi. Data yang dikumpulkan adalah data berat badan, tinggi badan, asupan makanan, kadar hemoglobin, dan nilai MCV. Analisis bivariat menggunakan spearman’s rank correlation karena data tidak berdistribusi normal. Analisis multivariat menggunakan regresi linear berganda.
Hasil: Dari 40 subjek terdapat 19 (47,5%) subjek yang mengalami anemia. Terdapat hubungan antara asupan zat besi, asam folat, dan seng dengan kadar hemoglobin (p<0,05). Analisis data dengan uji regresi linear berganda didapatkan bahwa 17,2% kadar hemoglobin dapat dijelaskan oleh asupan zat besi.
Simpulan: Terdapat hubungan antara asupan zat besi, asam folat, dan seng dengan kadar hemoglobin remaja putri di MTs SA PP Al-Falah.
Kata Kunci: Zat Gizi Mikro, Kadar Hemoglobin, Remaja Putri

Item Type: Article
Subjects: Medicine
Divisions: Faculty of Medicine > Department of Nutrition Science
Depositing User: Pustakawan Gizi
Date Deposited: 27 Jun 2024 03:50
Last Modified: 27 Jun 2024 03:50
URI: https://eprints2.undip.ac.id/id/eprint/24208

Actions (login required)

View Item View Item