Search for collections on Undip Repository

Sustainable Fisheries and Marine Environment: Upaya Indonesia dalam Konservasi & Pengelolaan Transboundary Fishery Resources Melalui Kerangka Kerjasama the 1995 United Nations Fish Stock Agreement (UNFSA)

NOVITASARI, SILVIA (2024) Sustainable Fisheries and Marine Environment: Upaya Indonesia dalam Konservasi & Pengelolaan Transboundary Fishery Resources Melalui Kerangka Kerjasama the 1995 United Nations Fish Stock Agreement (UNFSA). Undergraduate thesis, FAKULTAS ILMU SOSIAL DAN ILMU POLITIK.

[img] Text
COVER.pdf - Submitted Version
Restricted to Repository staff only

Download (719kB)
[img] Text
BAB 1.pdf - Submitted Version

Download (439kB)
[img] Text
BAB 2.pdf - Submitted Version

Download (516kB)
[img] Text
BAB 3.pdf - Submitted Version
Restricted to Repository staff only

Download (741kB)
[img] Text
BAB 4.pdf - Submitted Version

Download (112kB)
[img] Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf - Submitted Version

Download (69kB)

Abstract

Deplesi yang signifikan akan sediaan ikan dunia akibat overfishing dan maraknya praktek IUU fishing mendorong PBB untuk mencari solusi guna mengatasi permasalahan tersebut. Pada tahun 1995 dibentuklah sebuah kerangka kerjasama yang muncul sebagai respon sekaligus tindak lanjut atas artikel 63 dan 64 UNCLOS 1982 yang membahas mengenai sumber daya perikanan lintas batas (transboundary fishery resources) tentang pengelolaan ikan yang beruaya jauh dan terbatas. Kerjasama ini dibentuk guna tercapainya sediaan ikan berkelanjutan yang menjamin kelestarian jangka panjang melalui pengelolaan sumber daya perikanan yang didasarkan pada prinsip kehati-hatian baik di wilayah yurisdiksi nasional maupun laut lepas. Kerangka kerjasama ini menjadi landasan dibentuknya beberapa organisasi pengelolaan perikanan regional (RFMO) yang memiliki wewenang dan tanggung jawab dalam pengaturan konservasi sumber daya ikan yang bersifat “shared fishery resources”, “highly migratory fish stocks”, straddling fish stock”, dan “discrete high seas fish stocks” sesuai dengan ketentuan yang disepakati bersama. Penelitian ini diteliti menggunakan metode kualitatif yang berfokus pada upaya yang dilakukan Indonesia dalam melaksanakan konservasi transboundary fishery resources dan akan dikaji menggunakan konsep Rezim Internasional dalam Hubungan Internasional. Kerjasama ini dilakukan tidak hanya berfokus pada pemenuhan sediaan ikan dalam sektor perikanan Indonesia, namun juga sebagai upaya pemenuhan tanggung jawab negara guna tercapainya sediaan ikan yang berkelanjutan sesuai agenda yang telah diatur dalam Rezim Internasional terkait.

Kata Kunci: transboundary fishery resources, Indonesia, konservasi, kerjasama

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Subjects: Social Science and Political Science
Divisions: Faculty of Social and Political Sciences > Department of International Relations
Depositing User: diana nirwani
Date Deposited: 27 Jun 2024 04:01
Last Modified: 27 Jun 2024 04:01
URI: https://eprints2.undip.ac.id/id/eprint/24201

Actions (login required)

View Item View Item