Search for collections on Undip Repository

KAJIAN PENGARUH GENANGAN BANJIR ROB METODE CHANGE DETECTION TERHADAP PERUBAHAN TUTUPAN LAHAN BERBASIS ALGORITMA SUPPORT VECTOR MACHINE (STUDI KASUS : WILAYAH PESISIR, KABUPATEN DEMAK)

WULANDARI, VELLA PUTRI (2024) KAJIAN PENGARUH GENANGAN BANJIR ROB METODE CHANGE DETECTION TERHADAP PERUBAHAN TUTUPAN LAHAN BERBASIS ALGORITMA SUPPORT VECTOR MACHINE (STUDI KASUS : WILAYAH PESISIR, KABUPATEN DEMAK). Undergraduate thesis, UNIVERSITAS DIPONEGORO.

[img] Text
Cover.pdf

Download (29kB)
[img] Text
Abstrak.pdf

Download (9kB)

Abstract

Kejadian bencana banjir rob disebabkan karena naiknya muka air laut ratarata (mean sea level) yang mengenangi lahan atau kawasan pesisir yang lebih rendah dari laut. Genangan banjir rob memberikan dampak terhadap perubahan tata kelola tutupan lahan di daerah pesisir. Penelitian ini bertujuan untuk
mengidentifikasi pola dan sebaran genangan banjir rob dan perubahan tutupan lahan dengan memanfaatkan data Citra Radar Sentinel-1A dan Citra Multispektral Sentinel-2A. Metode yang digunakan dalam penelitian ini yaitu metode change
detection berbasis Otsu thresholding untuk menentukan pola dan sebaran banjir rob dan menggunakan algoritma pendekatan machine learning metode Support Vector Machine (SVM) untuk melakukan klasifikasi tutupan lahan. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa banjir rob dapat mempengaruhi perubahan tutupan lahan secara signifikan. Dimana tutupan lahan yang mengalami perubahan terbesar akibat banjir rob terjadi pada kelas tambak, sawah, vegetasi dan permukiman. Hasil analisis regresi linear menunjukkan bahwa perubahan genangan banjir rob mempengaruhi perubahan tutupan lahan dengan nilai determinasi 0,9209.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Uncontrolled Keywords: Change Detection, Otsu Thresholding, Sentinel-1A, Sentinel-2A, SVM
Subjects: Engineering
Divisions: Faculty of Engineering > Department of Geodetic Engineering
Depositing User: Geodesi undip
Date Deposited: 27 Jun 2024 02:42
Last Modified: 27 Jun 2024 02:42
URI: https://eprints2.undip.ac.id/id/eprint/24185

Actions (login required)

View Item View Item