Search for collections on Undip Repository

Analisis Kandungan Energi, Proksimat, dan Serat Pangan Pada Mi Kering dengan Substitusi Tepung Talas dan Tepung Gembus

Velicia, Velicia and Ayustaningwarno, Fitriyono and Sandi Wijayanti, Hartanti and Nur Afifah, Diana Analisis Kandungan Energi, Proksimat, dan Serat Pangan Pada Mi Kering dengan Substitusi Tepung Talas dan Tepung Gembus. -. (Unpublished)

[img] Text
Abstrak.pdf

Download (31kB)

Abstract

Latar belakang: Peningkatan prevalensi diabetes mellitus (DM) terjadi di Indonesia. Tepung talas memiliki indeks glikemik rendah, sedangkan tepung gembus mengandung serat, protein, dan lemak yang tinggi. Kedua bahan ini dapat disubstitusikan pada mi kering sebagai makanan alternatif bagi penderita DM.

Tujuan: Menganalisis kandungan energi, proksimat, serta serat pangan pada mi kering substitusi tepung talas dan tepung gembus.

Metode: Penelitian dengan desain rancangan acak lengkap untuk menganalisis mi kering F0 (kontrol) serta F1, F2, F3, F4 yang dibedakan berdasarkan persentase penggunaan tepung talas dan tepung gembus yaitu (35%:5%), (30%:10%), (25%:15%), dan (20%:20%). Pengujian kandungan energi, karbohidrat, protein, lemak, air, abu, dan serat pangan menggunakan metode perhitungan kalori total, by Difference, Kjeldahl, Soxhlet, pengeringan oven, pengabuan kering, dan Multienzim. Formulasi terbaik ditentukan dengan metode Multiattribute Decision Using A Compensatory Model and Additive Weighting.

Hasil: Kandungan energi dan karbohidrat menurun, sedangkan protein, lemak, abu, dan serat pangan meningkat seiring bertambahnya penggunaan tepung gembus. Berdasarkan kandungan gizi, mi kering F4 (20%:20%) terpilih sebagai formulasi terbaik dengan kandungan energi 330,84 kkal/100g, protein 9,45%, lemak 3,77%, karbohidrat 64,78%, dan serat pangan 11,44%.

Simpulan: Terdapat pengaruh substitusi tepung talas dan tepung gembus pada mi kering terhadap kandungan energi, karbohidrat, protein, lemak, abu, dan serat pangan.

Kata kunci: diabetes, mi kering, tepung talas, tepung gembus, analisis kandungan gizi

Item Type: Article
Subjects: Medicine
Divisions: Faculty of Medicine > Department of Nutrition Science
Depositing User: Pustakawan Gizi
Date Deposited: 26 Jun 2024 08:15
Last Modified: 26 Jun 2024 08:15
URI: https://eprints2.undip.ac.id/id/eprint/24135

Actions (login required)

View Item View Item