Search for collections on Undip Repository

Hubungan Body Image dan Perilaku Makan dengan Status Gizi pada Remaja Putra

Arianti Nurcahyaningtyas, Nabila and Probosari, Enny and Marfu’ah Kurniawati, Dewi and Tri Susilo, Mursid Hubungan Body Image dan Perilaku Makan dengan Status Gizi pada Remaja Putra. -. (Unpublished)

[img] Text
Abstrak_Nabila Arianti Nurcahyaningtyas.pdf

Download (76kB)

Abstract

Latar Belakang: Pemenuhan gizi pada masa remaja perlu diperhatikan karena terjadinya peningkatan kebutuhan gizi untuk mendukung tumbuh kembang remaja. Persepsi tubuh ideal menjadi perhatian remaja akibat perubahan fisik yang mereka alami, di sisi lain kebiasaan makan pada remaja cenderung tidak memenuhi kebutuhan dan anjuran gizi.

Tujuan: Menganalisis hubungan antara body image dan perilaku makan dengan status gizi pada remaja putra.

Metode: Penelitian observasional dengan desain cross-sectional pada 86 subjek remaja putra berusia 15-18 tahun di SMAN 1 Banjarnegara yang dipilih secara acak. Data body image diperoleh dengan kuesioner ABISS-16 (The Adolescent Body Image Satisfaction Score-16), data perilaku makan dengan kuesioner AFHC (Adolescent Food Habit Checklist), data aktvitas fisik dengan kuesioner IPAQ-SF (International Physical Activity Questionnaire-Short Form), data berat badan dan tinggi badan melalui pengukuran langsung. Analisis statistik yang digunakan yaitu uji korelasi Rank Spearman.

Hasil: Sebanyak 70,9% subjek berstatus gizi baik, subjek yang tidak puas terhadap bentuk tubuh sejumlah 53,5% subjek. Perilaku makan subjek yang baik dan kurang baik memiliki proporsi masing-masing 50%. Sebagian besar subjek beraktivitas fisik sedang. Terdapat hubungan body image dengan status gizi (p=0,035, rs=-0,228), tidak ada hubungan perilaku makan (p=0,624, rs=-0,054) dan aktivitas fisik (p=0,123, rs=0,167) dengan status gizi.

Simpulan: Terdapat hubungan antara body image dengan status gizi namun tidak terdapat hubungan antara perilaku makan dengan status gizi.

Kata Kunci: Body image; perilaku makan; aktivitas fisik; status gizi; remaja putra

Item Type: Article
Subjects: Medicine
Divisions: Faculty of Medicine > Department of Nutrition Science
Depositing User: Pustakawan Gizi
Date Deposited: 26 Jun 2024 08:11
Last Modified: 26 Jun 2024 08:11
URI: https://eprints2.undip.ac.id/id/eprint/24131

Actions (login required)

View Item View Item