Search for collections on Undip Repository

ANALISIS FAKTOR SOSIODEMOGRAFI, LINGKUNGAN FISIK, PENGETAHUAN DAN SIKAP TERHADAP KUNJUNGAN ANC DENGAN KEJADIAN KEMATIAN BAYI (STUDI WILAYAH KERJA PUSKESMAS BANGETAYU DAN PUSKESMAS KARANGDORO KOTA SEMARANG)

ATIDIPTA, SANTI (2024) ANALISIS FAKTOR SOSIODEMOGRAFI, LINGKUNGAN FISIK, PENGETAHUAN DAN SIKAP TERHADAP KUNJUNGAN ANC DENGAN KEJADIAN KEMATIAN BAYI (STUDI WILAYAH KERJA PUSKESMAS BANGETAYU DAN PUSKESMAS KARANGDORO KOTA SEMARANG). Undergraduate thesis, Universitas Diponegoro.

[img] Text
REPO SANTI.pdf - Published Version

Download (432kB)

Abstract

Angka Kematian Bayi (AKB) adalah salah satu indikator yang dijadikan menjadi tolok ukur keberhasilan program pembangunan kesehatan pada bayi. Kesehatan anak dapat dilihat dari penurunan angka kematian dari tahun ke tahun, hal ini merupakan upaya pemeliharaan kesehatan untuk menciptakan generasi yang sehat, cerdas dan berkualitas. Angka kematian bayi merupakan masalah kesehatan masyarakat dan bila suatu daerah memiliki angka kematian bayi (AKB) tinggi berarti status kesehatannya rendah. Tujuan penelitian ini adalah menganalisi hubungan faktor sosiodemografi (usia ibu, pendidikan, status pekerjaan, pendapatan,), pengetahuan anc, sikap kunjungan anc, dan lingkungan tempat tinggal dengan kejadian kematian bayi di wilayah kerja Puskesmas Bangetayu dan Puskesmas Karangdoro Semarang.Penelitian ini menggunakan metode kuantitatif sebanyak 54 responden dengan metode case control menggunakan teknik total sampling perbandingan 1:2 sesuai dengan kriteria sampel penelitian. Penelitian dilakukan dari bulan Maret sampai Juni 2023. Penelitian ini menggunakan data primer yaitu pengisian lembar kuesioner serta data sekunder yaitu artikel ilmiah, e- journal, dan e-book yang berkaitan dengan faktor kejadian kematian bayi. Data penelitian dilakukan uji normalitas dan uji chi square untuk mengetahui hubungan antar variabel.Hasil uji statistik chi square menunjukkan bahwa terdapat hubungan antara pendidikan dengan kejadian kematian bayi dengan p-value 0.044. Kemudian, variabel usia, status pekerjaan, pendapatan, pengetahuan anc, sikap kunjungan anc, dan lingkungan tempat tinggal tidak berhubungan dengan kejadian kematian bayi di wilayah kerja Puskesmas Bangetatu dan Puskesmas Karangdoro Kota Semarang.
Hasil penelitian ini dapat disimpulkan bahwa hanya variabel pendidikan yang berhubungan terhadap kejadian kematian bayi di wilayah kerja Puskesmas Bangetayu dan Puskesmas Karangdoro.

Kata kunci: kematian bayi; sosiodemografi; lingkungan, anc

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Subjects: Public Health
Divisions: Faculty of Public Health > Department of Public Health
Depositing User: endah nurkhayati
Date Deposited: 26 Jun 2024 05:55
Last Modified: 26 Jun 2024 05:55
URI: https://eprints2.undip.ac.id/id/eprint/24094

Actions (login required)

View Item View Item