Search for collections on Undip Repository

PEMBERDAYAAN USAHA MIKRO, KECIL DAN MENENGAH MELALUI PROGRAM “TUKA TUKU” OLEH DINAS KOPERASI USAHA KECIL DAN MENENGAH DI KABUPATEN PUBALINGGA

Fadhila, Aisyah Nur (2024) PEMBERDAYAAN USAHA MIKRO, KECIL DAN MENENGAH MELALUI PROGRAM “TUKA TUKU” OLEH DINAS KOPERASI USAHA KECIL DAN MENENGAH DI KABUPATEN PUBALINGGA. Undergraduate thesis, FAKULTAS ILMU SOSIAL DAN ILMU POLITIK.

[img] Text
COVER.pdf - Submitted Version
Restricted to Repository staff only

Download (2MB)
[img] Text
BAB 1.pdf - Submitted Version

Download (2MB)
[img] Text
BAB 2.pdf - Submitted Version

Download (2MB)
[img] Text
BAB 3.pdf - Submitted Version
Restricted to Repository staff only

Download (2MB)
[img] Text
BAB 4.pdf - Submitted Version
Restricted to Repository staff only

Download (2MB)
[img] Text
BAB 5.pdf - Submitted Version
Restricted to Repository staff only

Download (2MB)
[img] Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf - Submitted Version

Download (2MB)
[img] Text
LAMPIRAN.pdf - Submitted Version
Restricted to Repository staff only

Download (825kB)

Abstract

Persentase Produk Domestik Regional Bruto (PDRB) Purbalingga berdasarkan lapangan usaha menunjukkan bahwa sektor industri pengolahan merupakan penyumbang terbesar dengan kontribusi sebesar 27,24%. Melihat besarnya peran UMKM dalam perekonomian Kabupaten Purbalingga, sektor ini memiliki potensi yang besar untuk dilakukan pemberdayaan dan pengembangan lebih lanjut. Salah satu upaya yang dilakukan oleh Pemerintah Kabupaten Purbalingga melalui Dinas Koperasi Usaha Kecil dan Menengah adalah membangun program atau wadah bagi UMKM untuk meningkatkan promosi dan pemasaran produk mereka, yang dikenal dengan nama “Tuka Tuku”. Program ini diatur dalam Peraturan Bupati Purbalingga Nomor 71 Tahun 2019 tentang “Tuka Tuku” Produk Purbalingga. Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis bentuk pemberdayaan UMKM melalui program “Tuka Tuku” yang dilaksanakan oleh Dinas Koperasi Usaha Kecil dan Menengah di Kabupaten Purbalingga. Metode penelitian yang digunakan adalah kualitatif dengan wawancara, di mana informan dipilih menggunakan purposive sampling. Hasil penelitian menunjukkan bahwa program ini menitikberatkan pada layanan pelatihan dan pembinaan, pemberdayaan sosial ekonomi masyarakat dengan memberikan pengetahuan tentang kemasan produk, perizinan, dan strategi pemasaran. Selain itu, program “Tuka Tuku” juga memperkuat kelembagaan dengan mendorong pembentukan Kelompok Usaha Bersama (KUB) dan kolaborasi dengan lembaga non-pemerintah sehingga menciptakan ekosistem yang mendukung UMKM. Namun, terdapat beberapa tantangan dalam pemberdayaan UMKM di Kabupaten Purbalingga. Kendala internal meliputi kesulitan dalam mengelola pasokan bahan baku, proses yang panjang dalam mendapatkan bahan kemasan, serta masalah logistik produksi dan pengiriman. Tantangan eksternal mencakup dinamika pasar yang tidak dapat diprediksi, serta tingkat keberhasilan pemasaran produk UMKM yang beragam melalui program ini.

Kata Kunci: Pemberdayaan UMKM, Program "Tuka Tuku".

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Subjects: Social Science and Political Science
Divisions: Faculty of Social and Political Sciences > Department of Public Administration
Depositing User: diana nirwani
Date Deposited: 26 Jun 2024 05:53
Last Modified: 26 Jun 2024 05:53
URI: https://eprints2.undip.ac.id/id/eprint/24092

Actions (login required)

View Item View Item