Search for collections on Undip Repository

Aktivitas Antioksidan, Total Flavonoid, dan Daya Terima Minuman Serai, Kayu Manis, Madu Sebagai Minuman Antihipertensi

Atirah Das, Amelia and Ratna Noer, Etika and Ardiaria, Martha and Fithra Dieny, Fillah Aktivitas Antioksidan, Total Flavonoid, dan Daya Terima Minuman Serai, Kayu Manis, Madu Sebagai Minuman Antihipertensi. -. (Unpublished)

[img] Text
Abstrak-Amelia Atirah Das.pdf

Download (156kB)

Abstract

Latar Belakang: Penderita hipertensi memerlukan pengendalian stres oksidatif dengan cara mengonsumsi pangan sumber antioksidan. Pemberian minuman berbasis bahan tinggi antioksidan seperti serai, kayu manis, dan madu dapat dijadikan alternatif minuman fungsional yang bermanfaat untuk perawatan hipertensi.

Tujuan: Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui aktivitas antioksidan, total flavonoid, daya terima, dan formulasi terbaik minuman serai, kayu manis, dan madu.

Metode: Penelitian eksperimental dengan Rancangan Acak Lengkap dengan variasi perbandingan serai : kayu manis, yaitu F0 (100%:0%), F1 (75%:25%), F2 (50%:50%), dan F3 (25%:75%) serta masing-masing ditambahkan madu 15 gram. Hasil uji aktivitas antioksidan dan flavonoid dianalisis dengan One Way ANOVA dengan uji lanjutan Duncan, serta uji hedonik dianalisis dengan Kruskal-Wallis dengan uji lanjutan Mann-Whitney.

Hasil: Terdapat perbedaan yang signifikan perlakuan minuman serai, kayu manis, dan madu terhadap aktivitas antioksidan, total flavonoid, warna, rasa, dan aroma (p<0,05), namun tidak terdapat perbedaan yang signifikan terhadap kekentalan minuman (p>0,05). Perlakuan minuman F2 merupakan formulasi terbaik dengan karakteristik aktivitas antioksidan rata-rata 166519±1108,46 ppm, flavonoid 0,0617±0,004 mgQE/g, serta skor kesukaan terhadap warna, rasa, aroma, dan kekentalan masing-masing sebesar 3,98 (suka), 3,4 (agak suka), 3,54 (suka), dan 3,48 (agak suka).

Simpulan: Formulasi minuman serai, kayu manis, dan madu memberikan perbedaan signifikan terhadap aktivitas antioksidan, total flavonoid, warna, aroma, dan rasa minuman dengan formulasi terbaik terdapat pada perlakuan F2.

Kata Kunci: serai, kayu manis, madu kelengkeng, minuman antihipertensi

Item Type: Article
Subjects: Medicine
Divisions: Faculty of Medicine > Department of Nutrition Science
Depositing User: Pustakawan Gizi
Date Deposited: 26 Jun 2024 04:40
Last Modified: 26 Jun 2024 04:40
URI: https://eprints2.undip.ac.id/id/eprint/24079

Actions (login required)

View Item View Item