Damarani, Nurul Fathihah (2024) ANALISIS PENGARUH ONLINE CUSTOMER REVIEW DAN ONLINE CUSTOMER RATING TERHADAP PURCHASE DECISION (STUDI PADA KONSUMEN PRODUK EMINA). Undergraduate thesis, Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik Universitas Diponegoro.
![]() |
Text
COVER.pdf - Submitted Version Restricted to Repository staff only Download (464kB) |
![]() |
Text
BAB I (1).pdf - Submitted Version Download (794kB) |
![]() |
Text
BAB II (1).pdf - Submitted Version Download (1MB) |
![]() |
Text
BAB III (1).pdf - Submitted Version Restricted to Repository staff only Download (400kB) |
![]() |
Text
BAB IV (1).pdf - Submitted Version Download (138kB) |
![]() |
Text
DAFTAR PUSTAKA (1).pdf - Submitted Version Download (124kB) |
![]() |
Text
LAMPIRAN (3).pdf - Submitted Version Restricted to Repository staff only Download (792kB) |
Abstract
Perkembangan industri kosmetik di Indonesia terus meningkat pada setiap
tahunnya seiring dengan kebutuhan masyarakat sehingga terjadi persaingan industri
kosmetik yang semakin ketat. Hal ini yang mendorong perusahaan kosmetik untuk
bersaing menghasilkan berbagai produk untuk memenuhi kebutuhan dan keinginan
konsumen serta memenangkan pasar, tidak terkecuali dengan produk Emina yang
dihasilkan oleh PT Paragon Innovation and Technology. Menurut data penjualan
dari produk Emina, telah terjadi penurunan penjualan selama lima tahun terakhir
yang diduga diakibatkan oleh Online customer review dan Online customer rating.
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh Online customer review dan
Online customer rating terhadap Purchase decision (Studi Pada Konsumen Emina).
Tipe penelitian adalah explanatory research dan pengambilam sampel
menggunakan teknik nonprobability sampling metode purposive sampling dengan
accidental sampling, pengumpulan data menggunakan kuesioner. Jumlah sampel
yang digunakan menurut Rao Purba sebanyak 97 responden konsumen Produk
Emina di Outlet Dan+Dan. Penelitian ini menggunakan analisis kuantitatif dengan
bantuan SPSS versi 25.
Kesimpulan penelitian menunjukan bahwa Online customer review dan
Online customer rating berpengaruh secara positif dan signifikan terhadap
Purchase decision. Online customer review berpengaruh sebesar 21,8% dan Online
customer rating berpengaruh sebesar 35,1% terhadap Purchase decision produk
kosmetik Emina. Secara simultan, kedua variabel tersebut mempengaruhi Purchase
decision produk kosmetik Emina sebesar 39,6%. Dari hasil penelitian, disarankan
perusahaan membuat platform khusus berisi review dan rating produk kemudian
mendorong konsumen berkontribusi dalam memberikan review dan rating terhadap
produk sehingga dapat mempermudah pencarian informasi mengenai produk dan
meningkatkan keputusan pembelian konsumen.
Kata kunci : Online customer review, Online customer rating, Purchase
decision
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Subjects: | Social Science and Political Science |
Divisions: | Faculty of Social and Political Sciences > Department of Business Administration |
Depositing User: | diana nirwani |
Date Deposited: | 26 Jun 2024 04:40 |
Last Modified: | 26 Jun 2024 04:40 |
URI: | https://eprints2.undip.ac.id/id/eprint/24075 |
Actions (login required)
![]() |
View Item |