Search for collections on Undip Repository

PERENCANAAN SISTEM INFORMASI POSYANDU GUNA MENDUKUNG TRANFORMASI DIGITAL DATA KESEHATAN IBU DAN ANAK DI POSYANDU NUSA INDAH KELURAHAN SUKOREJO

WICAKSONO, FIRSTON ARFIANSYAH (2024) PERENCANAAN SISTEM INFORMASI POSYANDU GUNA MENDUKUNG TRANFORMASI DIGITAL DATA KESEHATAN IBU DAN ANAK DI POSYANDU NUSA INDAH KELURAHAN SUKOREJO. Undergraduate thesis, Universitas Diponegoro.

[img] Text
REPO FIRSTON.pdf - Published Version

Download (357kB)

Abstract

Posyandu (Pos Pelayanan Terpadu) sebagai salah satu layanan kesehatan dasar di Indonesia memiliki peran sentral dalam memberikan pelayanan kesehatan ibu dan anak di tingkat komunitas. Posyandu Nusa Indah di Kelurahan Sukorejo, seperti banyak Posyandu lainnya, juga mengalami berbagai kendala dalam pengelolaan data kesehatan. Pencatatan yang masih berbasis kertas tidak hanya rentan terhadap kesalahan dan kehilangan data, tetapi juga memerlukan waktu dan usaha yang besar dalam proses rekapitulasi dan pelaporan. Penelitian ini bertujuan untuk merencanakan perancangan Sistem Informasi Posyandu Nusa Indah Kelurahan Sukorejo. Jenis penelitian ini menggunakan deskriptif kualitatif dengan metode observasi dengan pendekatan penelitian cross sectional. Perancangan Sistem Posyandu ini menggunakan Metode FAST (Framework for the Application Sistem Thinking) dengan Pendekatan PIECES (Performance, Information, Economics, Control, Efficiency, dan Service). Hasil penelitian ini adalah sistem pencatatan dan pelaporan posyandu nusa indah secara manual yang menyebabkan ketidaklengkapan data, ketidaktepatan data, kehilangan data, dan keterlambatan dalam proses pencatatan dan pelaporan data posyandu nusa indah. Oleh karena itu dibutuhkan sistem informasi posyandu yang berguna untuk mencatat, melaporkan dan melindungi data kesehatan ibu dan anak serta yang mempermudah pekerjaan kader posyandu nusa indah yang dapat beroperasi di perangkat mobile (Smartphone) dan dapat dioperasionalkan dalam mode offline. Desain Sistem Informasi Posyandu ini mencakup desain antar muka halaman login, desain antar muka halaman utama, desain antar muka halaman input (Input Data Balita, Input Data Ibu, Input Data Kunjungan Balita, Input Data Kunjungan Ibu), dan desain antar muka halaman output (Tren Tumbuh Kembang Balita dan Riwayat Kesehatan Ibu).

Kata kunci : Posyandu, Sistem Informasi Posyandu, Perencanaan

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Subjects: Public Health
Divisions: Faculty of Public Health > Department of Public Health
Depositing User: endah nurkhayati
Date Deposited: 26 Jun 2024 02:59
Last Modified: 26 Jun 2024 02:59
URI: https://eprints2.undip.ac.id/id/eprint/24055

Actions (login required)

View Item View Item