Search for collections on Undip Repository

PENERAPAN KEBIJAKAN PERLINDUNGAN HUKUM BAGI ANAK KORBAN KEKERASAN SEKSUAL DI KOTA SEMARANG (Studi Putusan Nomor 391/Pid.Sus/2023/PN Smg). _27 PIDANA 2024

SIHOTANG, SINTYA BR and Rochaeti, Nur and Astuti, A.M. Endah Sri (2024) PENERAPAN KEBIJAKAN PERLINDUNGAN HUKUM BAGI ANAK KORBAN KEKERASAN SEKSUAL DI KOTA SEMARANG (Studi Putusan Nomor 391/Pid.Sus/2023/PN Smg). _27 PIDANA 2024. Undergraduate thesis, Fakultas Hukum Universitas Diponegoro.

[img] Text
Sintya Br Sihotang - cover.pdf

Download (997kB)
[img] Text
Sintya Br Sihotang - abstrak.pdf

Download (610kB)
[img] Text
Sintya Br Sihotang - bab 1.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (572kB)
[img] Text
Sintya Br Sihotang - bab 2.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (736kB)
[img] Text
Sintya Br Sihotang - bab 3.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (769kB)
[img] Text
Sintya Br Sihotang - bab 4.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (418kB)
[img] Text
Sintya Br Sihotang - dapus.pdf

Download (527kB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui kebijakan perlindungan hukum bagi anak korban kekerasan seksual saat ini dan bagaimana penerapan kebijakan perlindungan hukum bagi anak korban kekerasan seksual berdasarkan putusan Nomor 391/Pid.Sus/2023/PN Smg. Metode penelitian yang digunakan dalam penelitian ini ialah yuridis normatif yang mengkaji asas-asas atau doktrin-doktrin yang ada dalam ilmu hukum maupun peraturan perundang-undangan melalui pendekatan Undang-Undang (statute approach), Pendekatan Kasus (case approach), dan Pendekatan konseptual (conceptual approach) mengenai perlindungan hukum bagi anak korban kekerasan seksual dengan menggunakan teori perlindungan hukum dan teori kebijakan hukum. Hasil penelitian ini mengenai bentuk kebijakan perlindungan hukum bagi anak korban kekerasan seksual berdasarkan putusan Nomor 391/Pid.Sus/2023/PN Smg yang menunjukkan bahwa Indonesia sudah memiliki kebijakan perlindungan hukum untuk menangani kasus kekerasan seksual terhadap anak salah satunya diatur dalam Undang-Undang Nomor 35 Tahun 2014 Tentang Perubahan Atas Perubahan Undang-Undang 23 Tahun 2002 Tentang Perlindungan Anak yang digunakan sebagai landasan pertimbangan Majelis Hakim menjatuhkan pidana penjara dalam putusan sebagai bentuk perlindungan hukum bagi anak korban kekerasan seksual.
Kata Kunci: Penerapan kebijakan, Perlindungan Hukum, Anak Korban Kekerasan Seksual.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Uncontrolled Keywords: Penerapan kebijakan, Perlindungan Hukum, Anak Korban Kekerasan Seksual
Subjects: Law
Divisions: Faculty of Law > Department of Law
Depositing User: Mr Perpus FH1
Date Deposited: 08 Jul 2024 04:29
Last Modified: 08 Jul 2024 04:29
URI: https://eprints2.undip.ac.id/id/eprint/24050

Actions (login required)

View Item View Item