Search for collections on Undip Repository

PENGARUH KELENGKAPAN INFORMASI, AKURASI INFORMASI, KEPERCAYAAN STREAMER, DAN STREAMER ATTRACTIVENESS TERHADAP PERCEIVED PERSUASIVENESS YANG DIALAMI PENONTON SHOPEE LIVE

Sholihudin, Nabiila (2024) PENGARUH KELENGKAPAN INFORMASI, AKURASI INFORMASI, KEPERCAYAAN STREAMER, DAN STREAMER ATTRACTIVENESS TERHADAP PERCEIVED PERSUASIVENESS YANG DIALAMI PENONTON SHOPEE LIVE. Undergraduate thesis, FAKULTAS ILMU SOSIAL DAN ILMU POLITIK UNIVERSITAS DIPONEGORO.

[img] Text
Cover.pdf - Submitted Version
Restricted to Repository staff only

Download (552kB)
[img] Text
BAB 1.pdf - Submitted Version

Download (1MB)
[img] Text
BAB 2.pdf - Submitted Version

Download (407kB)
[img] Text
BAB 3.pdf - Submitted Version
Restricted to Repository staff only

Download (338kB)
[img] Text
BAB 4.pdf - Submitted Version
Restricted to Repository staff only

Download (280kB)
[img] Text
BAB 5.pdf - Submitted Version

Download (13kB)
[img] Text
Daftar Pustaka.pdf - Submitted Version
Restricted to Repository staff only

Download (260kB)

Abstract

Era digital membawa perubahan dalam kebiasaan berbelanja, salah satunya
melahirkan tren baru yaitu live streaming commerce. Di Indonesia, fitur ini disambut
dengan antusiasme tinggi, terlihat dari 86% online shopper mengaku pernah
mengunjungi live shopping. Live streaming commerce memfasilitasi interaksi realtime antara streamer dan konsumen. Streamer sebagai komunikator menyampaikan
pesan persuasi produk dan konsumen terpapar informasi serta terlibat langsung dengan
rekomendasi streamer. Meskipun strategi persuasi streamer relatif sama, hasil akhir
yang dimiliki pun berbeda. Konsumen tidak selalu melakukan pembelian langsung
sesuai pesan pesuasi saat live streaming. Penelitian ini bertujuan untuk menjelaskan
pengaruh kelengkapan informasi, akurasi informasi, kepercayaan streamer, dan
streamer attractiveness terhadap perceived persuasiveness yang dialami penonton
Shopee Live dengan menggunakan pendekatan kuantitatif melalui metode one-shot
experimental. Teori yang digunakan adalah teori elaboration likelihood model, dengan
teknik purposive sampling yang melibatkan 100 responden. Hasil uji hipotesis dengan
regresi linear berganda menunjukkan bahwa tidak ada pengaruh yang signifikan antara
kelengkapan informasi dan akurasi informasi terhadap perceived persuasiveness yang
dialami responden ketika menonton Shopee Live. Meskipun demikian, kepercayaan
streamer dan streamer attractiveness secara simultan terbukti berpengaruh terhadap
perceived persuasiveness yang dialami responden ketika menonton Shopee Live.
Kata Kunci: Kelengkapan Informasi, Akurasi Informasi, Kepercayaan Streamer,
Kemenarikan Streamer, Perceived Persuasiveness, Live Shopping

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Subjects: Social Science and Political Science
Divisions: Faculty of Social and Political Sciences > Department of Communication
Depositing User: diana nirwani
Date Deposited: 25 Jun 2024 09:58
Last Modified: 25 Jun 2024 09:58
URI: https://eprints2.undip.ac.id/id/eprint/24025

Actions (login required)

View Item View Item