Cahyani, Dwi Elita Nur (2024) PENGARUH BRAND IMAGE DAN BRAND AWARENESS TERHADAP KEPUTUSAN PEMBELIAN PRODUK MICELLAR WATER GARNIER (PADA KONSUMEN DI KOTA SEMARANG). Undergraduate thesis, FAKULTAS ILMU SOSIAL DAN ILMU POLITIK UNIVERSITAS DIPONEGORO.
![]() |
Text
COVER.pdf - Submitted Version Restricted to Repository staff only Download (645kB) |
![]() |
Text
BAB I.pdf - Submitted Version Download (592kB) |
![]() |
Text
BAB II.pdf - Submitted Version Download (465kB) |
![]() |
Text
BAB III.pdf - Submitted Version Restricted to Repository staff only Download (548kB) |
![]() |
Text
BAB IV.pdf - Submitted Version Download (235kB) |
![]() |
Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf - Submitted Version Download (179kB) |
![]() |
Text
LAMPIRAN.pdf - Submitted Version Restricted to Repository staff only Download (1MB) |
Abstract
Industri kosmetik di Indonesia mengalami perkembangan pesat yang semakin
berkembang dengan kompleks, salah satunya adalah Micellar Water Garnier.
Berdasarkan data pada top brand indeks Micellar Water Garnier mengalami penurunan
selama 3 tahun terakhir (2020 – 2023) dan penjualan di Kota Semarang yang
mengalami fluktuatif pada tahun 2020 – 2023. Tidak tercapainya target penjualan yang
telah ditetapkan dan terjadinya fluktuasi penjualan menjadi dugaan penurunan Brand
Image dan Brand Awareness yang mengakibatkan permasalahan tersebut.
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh brand image dan brand
awareness terhadap keputusan pembelian pada produk Micellar Water Garnier. Tipe
penelitian ini adalah explanatory research dan menggunakan metode pengambilan
sampel non probability sampling melalui teknik purposive sampling dan accidental
sampling dengan sebanyak 97 responden konsumen di Kota Semarang. Data diolah
menggunakan software SPSS (Statistical Programme for Social Science) untuk analisis
kuantitatif dengan uji validitas, uji reliabilitas, koefisien korelasi, koefisien
determinasi, regresi sederhana, regresi berganda, dan signifikansi uji t dan uji f.
Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa variable Brand Image (X1) memiliki
pengaruh positif dan signifikan terhadap Keputusan Pembelian (Y). Brand Awareness
(X2) juga memiliki pengaruh positif dan signifikan terhadap Keputusan Pembelian
(Y). Dalam penelitian ini juga menyatakan bahwa Brand Image (X1) dan Brand
Awareness (X2) berpengaruh positif dan signifikan terhadap Keputusan Pembelian (Y)
Micellar Water Garnier di Kota Semarang. Saran dari penelitian ini adalah (1) dapat
menghadirkan inovasi baru dengan memberikan formula tambahan, sehingga Micellar
Water ini memiliki manfaat tambahan untuk mencerahkan, melembabkan, dan menjaga
kesehatan kulit, (2) melakukan promosi secara online di berbagai platform media sosial
dengan menciptakan hal-hal unik yang dapat diingat oleh konsumen dan melakukan
pengenalan produk secara offline di berbagai event (3) dapat meminta rekomendasi
kepada orang-orang terdekat berkaitan dengan informasi terkait manfaat, varian, dan
kandungan produk.
Kata Kunci : Brand Image, Brand Awareness, Keputusan Pembelian
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Subjects: | Social Science and Political Science |
Divisions: | Faculty of Social and Political Sciences > Department of Business Administration |
Depositing User: | diana nirwani |
Date Deposited: | 25 Jun 2024 07:59 |
Last Modified: | 25 Jun 2024 07:59 |
URI: | https://eprints2.undip.ac.id/id/eprint/24012 |
Actions (login required)
![]() |
View Item |