Search for collections on Undip Repository

FAKTOR-FAKTOR YANG BERHUBUNGAN TERHADAP MINAT DALAM MELAKUKAN VAKSINASI HUMAN PAPILLOMA VIRUS (HPV) PADA WANITA DEWASA DI WILAYAH KERJA PUSKESMAS KELAPA DUA WETAN JAKARTA TIMUR

SOFIRA, MAULINDA (2024) FAKTOR-FAKTOR YANG BERHUBUNGAN TERHADAP MINAT DALAM MELAKUKAN VAKSINASI HUMAN PAPILLOMA VIRUS (HPV) PADA WANITA DEWASA DI WILAYAH KERJA PUSKESMAS KELAPA DUA WETAN JAKARTA TIMUR. Undergraduate thesis, Universitas Diponegoro.

[img] Text
REPO MAULINDA.pdf - Published Version

Download (312kB)

Abstract

Vaksinasi HPV salah satu bentuk pencegahan primer dalam mengurangi prevalensi kanker serviks. Program vaksinasi HPV untuk anak sekolah dasar telah diprogramkan oleh pemerintah, namun berbeda hal dengan wanita dewasa yang belum dijadikan program nasional oleh pemerintah. Sehingga masih banyak wanita dewasa yang belum mengetahui mengenai vaksinasi HPV dan cara memperolehnya. Penelitian ini memiliki tujuan untuk mendeskripsikan dan menganalisis faktor-faktor yang berhubungan terhadap minat dalam melakukan Vaksinasi HPV pada wanita dewasa di wilayah kerja Puskesmas Kelapa Dua Wetan Jakarta Timur. Jenis desain studi menggunakan studi cross-sectional. Responden merupakan wanita dewasa yang berusia 19-55 tahun dengan jumlah sampel 105 responden yang diseleksi dengan teknik consecutive sampling. Cara pengumpulan data dilakukan dengan kuesioner dan dilakukan analisis univariat dan bivariat menggunakan uji chi-square. Hasil analisis uji statistik dengan chi square memperlihatkan nilai signifikansi pendidikan (p-value = 0.989), pengetahuan (p-value = 1.000), persepsi (p-value = 0.019), sikap (p-value = 0.004), kesediaan membayar (p-value = 0.039), dukungan perawat/bidan/dokter (p-value = 0.001), dukungan keluarga (p-value = 0.035) terhadap minat dalam melakukan vaksinasi HPV. Disimpulkan penelitian ini memiliki hubungan yang signifikan antara variabel persepsi, sikap, kesediaan membayar, dukungan perawat/bidan/dokter, dan dukungan keluarga terhadap minat dalam melakukan vaksinasi HPV pada wanita dewasa di wilayah kerja Puskesmas Kelapa Dua Wetan Jakarta Timur. Sedangkan variabel pendidikan dan pengetahuan tidak memiliki hubungan yang signifikan terhadap minat dalam melakukan vaksinasi HPV.

Kata Kunci : Kanker Serviks, Vaksinasi HPV, Wanita Dewasa

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Subjects: Public Health
Divisions: Faculty of Public Health > Department of Public Health
Depositing User: endah nurkhayati
Date Deposited: 25 Jun 2024 06:42
Last Modified: 25 Jun 2024 06:42
URI: https://eprints2.undip.ac.id/id/eprint/23991

Actions (login required)

View Item View Item