Wulandari, Alfina Catur (2024) PENGARUH CELEBRITY ENDORSER DAN E-WOM TERHADAP KEPUTUSAN PEMBELIAN MELAUI BRAND TRUST SEBAGAI VARIABEL INTERVENING (Studi Pada Konsumen Sajadah_Shop di Kota Tasikmalaya). Undergraduate thesis, FAKULTAS ILMU SOSIAL DAN ILMU POLITIK UNIVERSITAS DIPONEGORO.
![]() |
Text
Cover Alfina Catur Wulandari.pdf - Submitted Version Restricted to Repository staff only Download (1MB) |
![]() |
Text
BAB I.pdf - Submitted Version Download (799kB) |
![]() |
Text
BAB II.pdf - Submitted Version Download (965kB) |
![]() |
Text
BAB III.pdf - Submitted Version Restricted to Repository staff only Download (750kB) |
![]() |
Text
BAB IV.pdf - Submitted Version Download (112kB) |
![]() |
Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf - Submitted Version Download (123kB) |
![]() |
Text
LAMPIRAN.pdf - Submitted Version Restricted to Repository staff only Download (2MB) |
Abstract
Pemasaran saat ini berkembang pesat berkat media sosial sebagai sarana utama.
Awalnya untuk interaksi sosial, kini efektif dalam pemasaran dengan biaya rendah.
Dukungan fitur media sosial memfasilitasi komunikasi dua arah antara penjual dan
pembeli. Pandemi COVID-19 mempercepat pembelian online, dengan celebrity
endorser dan e-WOM berperan penting. Instagram, dengan 2 miliar pengguna aktif,
diminati terutama oleh konsumen muda. Brand trust juga mempengaruhi keputusan
pembelian. Sajadah_Shop menghadapi fluktuasi penjualan, menunjukkan pentingnya
celebrity endorser, e-WOM, dan brand trust.
Penelitian explanatory research ini menganalisis hubungan antara Celebrity
Endorser dan e-WOM terhadap Keputusan Pembelian produk fashion Shopee. Dengan
sampel 97 responden, menggunakan Non-Probability Sampling accidental. Data
kuantitatif dianalisis dengan Software Partial Least Square (PLS) Structural Equation
Modelling (SEM).
Hasil dari penelitian ini menunjukkan kualitas celebrity endorser dan e-WOM
berdampak positif terhadap keputusan pembelian dan brand trust. Perusahaan
disarankan fokus pada pengembangan kualitas produk dan layanan serta
memperhatikan selebriti dengan engagement rate tinggi dan sesuai dengan target pasar.
Perusahaan juga harus meningkatkan kualitas produk dan layanan untuk mendapatkan
ulasan yang lebih baik.
Kata Kunci: Celebrity Endorser, Electronic Word of Mouth, Brand Trust,
Keputusan Pembelian
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Subjects: | Social Science and Political Science |
Divisions: | Faculty of Social and Political Sciences > Department of Business Administration |
Depositing User: | diana nirwani |
Date Deposited: | 25 Jun 2024 05:29 |
Last Modified: | 25 Jun 2024 08:10 |
URI: | https://eprints2.undip.ac.id/id/eprint/23978 |
Actions (login required)
![]() |
View Item |