Search for collections on Undip Repository

STUDI IN VIVO EFEKTIVITAS NANOPARTIKEL GEL EMULSI MINYAK EUCALYPTUS GLOBULUS TERHADAP PENURUNAN KEDALAMAN POKET PERIODONTAL

Muhsinin, Dimas Muhtadi and Dinar, Nushita and Nosartika, Isniya (2024) STUDI IN VIVO EFEKTIVITAS NANOPARTIKEL GEL EMULSI MINYAK EUCALYPTUS GLOBULUS TERHADAP PENURUNAN KEDALAMAN POKET PERIODONTAL. Undergraduate thesis, Universitas Diponegoro.

[img] Text (Dimas Muhtadi Muhsinin_22010218130028_Abstraksi)
Dimas Muhtadi Muhsinin_22010218130028_Abstraksi.pdf

Download (32kB)

Abstract

Tujuan: Tujuan dari penelitian ini adalah untuk menguji efektivitas nanopartikel gel emulsi minyak Eucalyptus globulus pada periodontitis dengan mengukur periodontal depth. Metode: Penelitian ini dilakukan pada 32 tikus Rattus norvegicus yang dipilih secara acak. Tikus akan dibagi menjadi 2 kelompok yang pertama menggunakan gel metrodinazole (kontrol) dan gel emulsi minyak E. globulus (perlakuan). Pengukuran dilakukan 2 kali sebelum pengobatan dan setelah. Hasil: Berdasarkan uji analisis statistik ANOVA didapatkan nilai sig 0.000 yang dimana terdapat perbedaan yang signifikan antara seluruh kelompok, sehingga dilanjutkan ke tes Tukey HSD. Hasil pengujian Tukey HSD didapatkan perbedaan yang signifikan antara kedua kelompok pre-test dan post-test dengan nilai sig 0.000 dan perbedaan yang signifikan antara kedua kelompok post-test dengan nilai sig 0.000. Kesimpulan: Nanopartikel gel emulsi minyak Eucalyptus globulus mampu untuk mengurangi periodontal depth.Kata kunci: Eucalyptus globulus, Periodontitis, Kitosan, Nanopartikel, Gel metrodinazole.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Uncontrolled Keywords: Eucalyptus globulus, Periodontitis, Kitosan, Nanopartikel, Gel metrodinazole.
Subjects: Medicine
Divisions: Faculty of Medicine > Department of Dentistry
Depositing User: Upload Mandiri FK
Date Deposited: 26 Jun 2024 05:04
Last Modified: 26 Jun 2024 05:04
URI: https://eprints2.undip.ac.id/id/eprint/23977

Actions (login required)

View Item View Item