Search for collections on Undip Repository

Analisis Komparatif Kompetensi Keperawatan Holistik dan Pemenuhan Kebutuhan Holistik Pasien di Area Perawatan Kritis Antara Provinsi Jawa Tengah dan Provinsi Papua

Sohilait, Hana Priscilla Frudence (2024) Analisis Komparatif Kompetensi Keperawatan Holistik dan Pemenuhan Kebutuhan Holistik Pasien di Area Perawatan Kritis Antara Provinsi Jawa Tengah dan Provinsi Papua. Masters thesis, Universitas Diponegoro.

[img] Text
A_Cover-Halaman Depan (2).pdf

Download (452kB)
[img] Text
BAB I.pdf
Restricted to Registered users only

Download (191kB)
[img] Text
BAB II.pdf
Restricted to Registered users only

Download (463kB)
[img] Text
BAB III.pdf
Restricted to Registered users only

Download (220kB)
[img] Text
BAB IV.pdf
Restricted to Registered users only

Download (244kB)
[img] Text
BAB V.pdf
Restricted to Registered users only

Download (136kB)
[img] Text
BAB VI.pdf
Restricted to Registered users only

Download (31kB)
[img] Text
Daftar Pustaka.pdf

Download (137kB)
[img] Text
Lampiran.pdf
Restricted to Registered users only

Download (2MB)

Abstract

Kompetensi keperawatan holistik dan pemenuhan kebutuhan holistik pasien sangat penting untuk di kaji guna terpenuhinya biologis, psikologis, sosial, dan spiritual pasien. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui gambaran penerapan kompetensi keperawatan holistik dan pemenuhan kebutuhan holistk pasien, menganalisis kompetensi keperawatan holistik perawat dan pemenuhan kebutuhan holistik pasien di area perawatan kritis antara provinsi Jawa Tengah dan provinsi Papua. Penelitian menggunakan metode cross-sectional yaitu analisis komparatif untuk menganalisis Kompetensi keperawatan holistik dan pemenuhan kebutuhan holistik pasien antara Provinsi Jawa Tengah dan Papua. Penelitian ini telah disetujui oleh Fakultas Kedokteran, Universitas Diponegoro Semarang (Ethical Clearence No. 429/EC/KPEK/FK-UNDIP/VIII/2023). Pengambilan sampel menggunakan metode Purposive Sampling dengan jumlah responden pasien di RSUD Dr. H. Soewondo Kendal dan RSUD Yowari Jayapura yaitu 100 responden dengan kriteria inklusi yaitu pasien ICU laki-laki dan perempuan, pasien usia 17-80 tahun, pasien dirawat di ruang ICU selama 2x 24 jam. Observasi dilakukan tiap 6 jam pada pasien dan perawat dalam pemenuhan kebutuhan holistik. Hasil Penelitian menunjukkan bahwa Terdapat perbedaan dalam kompetensi keperawatan holistik antara Provinsi Jawa Tengah dan Provinsi Papua. Pengetahuan perawat di RSUD Dr. H. Soewondo Kendal, Jawa Tengah 95,7% baik dan RSUD Yowari Jayapura, Papua, 76,5 % baik. RSUD Dr. H. Soewondo Kendal dan RSUD Yowari Jayapura memiliki tingkat yang sama dalam pemenuhan kebutuhan biologis pasien. Pemenuhan kebutuhan psikologis dan sosial pasien antara kedua rumah sakit didapatkan RSUD Dr. H. Soewondo Kendal lebih baik dari RSUD Yowari Jayapura, pemenuhan kebutuhan spiritual pada kedua rumah sakit menunjukkan hasil yang kurang memuaskan.

Kata Kunci : Jawa Tengah, Keperawatan Holistik, Kebutuhan Holistik, Kompetensi, Papua

Item Type: Thesis (Masters)
Subjects: Medicine
Divisions: Faculty of Medicine > Master Program in Nursing
Depositing User: Keperawatan Undip
Date Deposited: 25 Jun 2024 05:10
Last Modified: 25 Jun 2024 05:10
URI: https://eprints2.undip.ac.id/id/eprint/23976

Actions (login required)

View Item View Item