Isyak, Siti Neisya Rahma (2024) KUALITAS PELAYANAN APLIKASI MOBILE PAKDE SEMAR HEBAT! DI BADAN PENDAPATAN DAERAH KOTA SEMARANG. Undergraduate thesis, FAKULTAS ILMU SOSIAL DAN ILMU POLITIK UNIVERSITAS DIPONEGORO.
Full text not available from this repository.Abstract
Penelitian ini difokuskan pada permasalahan pelayanan pajak daerah melalui
aplikasi mobile Pakde Semar Hebat!. Permasalahan tersebut antara lain beberapa
fitur pada aplikasi belum dapat diakses secara penuh pada handphone berbasis iOS,
lambannya proses pelayanan, jumlah pengguna aplikasi yang masih rendah,
masyarakat yang masih kerap datang ke kantor pelayanan dibandingkan melakukan
pelayanan melalui aplikasi, dan beban kerja yang lebih besar dari jumlah pegawai
Badan Pendapatan Daerah Kota Semarang. Tujuan penelitian ini adalah untuk
menganalisis kualitas pelayanan aplikasi mobile Pakde Semar Hebat! di Badan
Pendapatan Daerah Kota Semarang Kota Semarang, serta mengidentifikasi faktor
yang terkait dengan kualitas pelayanan aplikasi mobile Pakde Semar Hebat! di
Badan Pendapatan Daerah Kota Semarang Kota Semarang. Penelitian ini
menggunakan metode kualitatif dengan tipe deskriptif dengan teknik pemilihan
informan yaitu purposive sampling dan untuk menguji keabsahan data
menggunakan triangulasi sumber dan triangulasi teknik. Teknik pengumpulan data
yang digunakan adalah melalui wawancara, observasi, dan dokumentasi. Teori
yang digunakan dalam penelitian ini adalah teori lima dimensi menurut
Parasuraman yang meliputi tangibles, reliability, responsiveness, assurance, dan
emphaty serta teori faktor yang terkait dengan kualitas pelayanan menurut Moenir
yang meliputi faktor kesadaran, faktor aturan, faktor organisasi, faktor kemampuan
dan keterampilan, dan juga faktor sarana pelayanan. Hasil penelitian menunjukkan
bahwa kualitas pelayanan aplikasi mobile Pakde Semar Hebat! di Badan
Pendapatan Daerah Kota Semarang Kota Semarang dikatakan cukup optimal, tetapi
beberapa aspek masih perlu ditingkatkan.
Kata Kunci : Kualitas Pelayanan, Pajak Daerah, Pakde Semar Hebat!
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Subjects: | Social Science and Political Science |
Divisions: | Faculty of Social and Political Sciences > Department of Public Administration |
Depositing User: | Users 162 not found. |
Date Deposited: | 25 Jun 2024 04:47 |
Last Modified: | 25 Jun 2024 04:47 |
URI: | https://eprints2.undip.ac.id/id/eprint/23973 |
Actions (login required)
View Item |