Search for collections on Undip Repository

KUALITAS PELAYANAN APLIKASI MOBILE PAKDE SEMAR HEBAT! DI BADAN PENDAPATAN DAERAH KOTA SEMARANG

Isyak, Siti Neisya Rahma (2024) KUALITAS PELAYANAN APLIKASI MOBILE PAKDE SEMAR HEBAT! DI BADAN PENDAPATAN DAERAH KOTA SEMARANG. Undergraduate thesis, FAKULTAS ILMU SOSIAL DAN ILMU POLITIK UNIVERSITAS DIPONEGORO.

[img] Text
Cover.pdf - Submitted Version
Restricted to Repository staff only

Download (2MB)
[img] Text
BAB I.pdf - Submitted Version

Download (2MB)
[img] Text
BAB II.pdf - Submitted Version

Download (2MB)
[img] Text
BAB III.pdf - Submitted Version
Restricted to Repository staff only

Download (3MB)
[img] Text
BAB IV.pdf - Submitted Version

Download (2MB)
[img] Text
Daftar Pustaka.pdf - Submitted Version

Download (2MB)
[img] Text
Lampiran.pdf - Submitted Version
Restricted to Repository staff only

Download (2MB)

Abstract

Penelitian ini difokuskan pada permasalahan pelayanan pajak daerah melalui
aplikasi mobile Pakde Semar Hebat!. Permasalahan tersebut antara lain beberapa
fitur pada aplikasi belum dapat diakses secara penuh pada handphone berbasis iOS,
lambannya proses pelayanan, jumlah pengguna aplikasi yang masih rendah,
masyarakat yang masih kerap datang ke kantor pelayanan dibandingkan melakukan
pelayanan melalui aplikasi, dan beban kerja yang lebih besar dari jumlah pegawai
Badan Pendapatan Daerah Kota Semarang. Tujuan penelitian ini adalah untuk
menganalisis kualitas pelayanan aplikasi mobile Pakde Semar Hebat! di Badan
Pendapatan Daerah Kota Semarang Kota Semarang, serta mengidentifikasi faktor
yang terkait dengan kualitas pelayanan aplikasi mobile Pakde Semar Hebat! di
Badan Pendapatan Daerah Kota Semarang Kota Semarang. Penelitian ini
menggunakan metode kualitatif dengan tipe deskriptif dengan teknik pemilihan
informan yaitu purposive sampling dan untuk menguji keabsahan data
menggunakan triangulasi sumber dan triangulasi teknik. Teknik pengumpulan data
yang digunakan adalah melalui wawancara, observasi, dan dokumentasi. Teori
yang digunakan dalam penelitian ini adalah teori lima dimensi menurut
Parasuraman yang meliputi tangibles, reliability, responsiveness, assurance, dan
emphaty serta teori faktor yang terkait dengan kualitas pelayanan menurut Moenir
yang meliputi faktor kesadaran, faktor aturan, faktor organisasi, faktor kemampuan
dan keterampilan, dan juga faktor sarana pelayanan. Hasil penelitian menunjukkan
bahwa kualitas pelayanan aplikasi mobile Pakde Semar Hebat! di Badan
Pendapatan Daerah Kota Semarang Kota Semarang dikatakan cukup optimal, tetapi
beberapa aspek masih perlu ditingkatkan.
Kata Kunci : Kualitas Pelayanan, Pajak Daerah, Pakde Semar Hebat!

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Subjects: Social Science and Political Science
Divisions: Faculty of Social and Political Sciences > Department of Public Administration
Depositing User: diana nirwani
Date Deposited: 25 Jun 2024 04:47
Last Modified: 25 Jun 2024 04:47
URI: https://eprints2.undip.ac.id/id/eprint/23973

Actions (login required)

View Item View Item