Search for collections on Undip Repository

TINJAUAN YURIDIS PERALIHAN SAHAM PT PERIKANAN INDONESIA (PERSERO) OLEH PT RAJAWALI NUSANTARA INDONESIA (PERSERO). _125 DAGANG 2024

ANDINI, AMIRA FEBY and Mahmudah, Siti and Prasetyo, Agung Basuki (2024) TINJAUAN YURIDIS PERALIHAN SAHAM PT PERIKANAN INDONESIA (PERSERO) OLEH PT RAJAWALI NUSANTARA INDONESIA (PERSERO). _125 DAGANG 2024. Undergraduate thesis, Fakultas Hukum Universitas Diponegoro.

[img] Text
Amira Feby Andini_cover.pdf

Download (2MB)
[img] Text
Amira Feby Andini_abstrak.pdf

Download (117kB)
[img] Text
Amira Feby Andini_bab 1.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (328kB)
[img] Text
Amira Feby Andini_bab 2.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (325kB)
[img] Text
Amira Feby Andini_bab 3.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (453kB)
[img] Text
Amira Feby Andini_bab 4.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (124kB)
[img] Text
Amira Feby Andini_dapus.pdf

Download (967kB)

Abstract

Perkembangan dunia usaha yang pesat menuntut BUMN harus adaptif dengan segala tantangan dan perubahan zaman. Upaya menghadapi hal tersebut, pemerintah menerapkan konsepsi holding company yang dilakukan melalui peralihan saham negara pada BUMN agar meningkatkan nilai tambah pendapatan negara. Penelitian ini memiliki tujuan untuk mengetahui pengaturan peralihan saham dan kesesuaian proses peralihan saham PT Perikanan Indonesia (Persero) oleh PT Rajawali Nusantara Indonesia (Persero) terhadap peraturan perundang-undangan yang berlaku serta akibat hukum peralihan saham antara kedua perseroan BUMN tersebut bagi negara sebagai pemegang saham. Metode penelitian ini adalah yuridis normatif dengan spesifikasi penelitian deskriptif analitis. Bahan hukum yang dipakai meliputi bahan hukum primer, bahan hukum sekunder, dan bahan hukum tersier. Data yang dikumpulkan diperoleh melalui teknik studi kepustakaan dan studi arsip. Teknik analisis menggunakan metode kualitatif. Peralihan saham perseroan BUMN dimungkinkan menurut peraturan perundang-undangan. Unsur esensi peralihan saham merupakan sumber penyertaan modal negara dalam bentuk lain. Proses peralihan saham PT Perikanan Indonesia (Persero) oleh PT Rajawali Nusantara Indonesia (Persero) telah sesuai dengan peraturan perundang-undangan. Akibat hukum yang terjadi negara merupakan pemegang saham mayoritas pada PT Rajawali Nusantara Indonesia (Persero) dan tetap sebagai pemegang saham mayoritas PT Perikanan Indonesia (Persero) melalui PT Rajawali Nusantara Indonesia (Persero).
Kata Kunci: Peralihan Saham, Holding BUMN, Perusahaan Perseroan.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Uncontrolled Keywords: Peralihan Saham, Holding BUMN, Perusahaan Perseroan
Subjects: Law
Divisions: Faculty of Law > Department of Law
Depositing User: Mr Perpus FH1
Date Deposited: 08 Jul 2024 07:51
Last Modified: 08 Jul 2024 07:51
URI: https://eprints2.undip.ac.id/id/eprint/23947

Actions (login required)

View Item View Item