Search for collections on Undip Repository

Korelasi Ketebalan Lemak Visceral Pada Pemeriksaan Ultrasonografi Dan Ukuran Lingkar Pinggang Dengan Kadar Interleukin-6 Pada Wanita Obesitas Muda

Eksissi, Aulia and Ningrum, Farah Hendara and Satoto, Bambang and Santoso, Antonius Gunawan and Sukmaningtyas, Hermina and Widyasari, Maya Nuriya (2024) Korelasi Ketebalan Lemak Visceral Pada Pemeriksaan Ultrasonografi Dan Ukuran Lingkar Pinggang Dengan Kadar Interleukin-6 Pada Wanita Obesitas Muda. Masters thesis, Universitas Diponegoro.

[img] Text (ABSTRAK-TESIS)
ABSTRAK.pdf

Download (68kB)

Abstract

Latar Belakang: Obesitas adalah kondisi terjadinya akumulasi lemak berlebih yang abnormal akibat ketidakseimbangan asupan energi dengan energi yang digunakan dalam waktu lama. Akumulasi lemak yang berlebihan di jaringan adiposa menyebabkan terjadinya proses inflamasi melalui peningkatan produksi sitokin dan kemokin proinflamasi, salah satunya interleukin-6.
Tujuan: Menganalisis korelasi ketebalan lemak visceral pada pemeriksaan ultrasonografi dan ukuran lingkar pinggang dengan interleukin-6 pada wanita obesitas dewasa muda.
Metode. Penelitian ini adalah penelitian observasional analitik dengan rancangan studi cross sectional yang dilaksanakan bulan September 2023-Maret 2024. Populasi target penelitian adalah wanita obesitas berusia 30-49 tahun di Semarang dengan variabel bebas adalah ketebalan lemak visceral yang diukur menggunakan ultrasonografi dan ukuran lingkar pinggang, sedangkan variabel terikat berupa kadar interleukin-6 (IL-6). Data yang diperoleh kemudian dilakukan uji statistik dengan uji Cohen’s Kappa dan Spearman.
Hasil: Sampel penelitian berjumlah 60 orang wanita dengan rerata usia 37,7 ± 4,78 tahun, rerata indeks massa tubuh (IMT) 33,7 ± 5,87 kg/m2, rerata kadar IL-6 10,63 ± 7,20 µg/mL, rerata lingkar pinggang 99,32 ± 11,58 cm, dan rerata ketebalan lemak visceral 7,64 ± 1,78 cm. Tidak terdapat korelasi bermakna antara ketebalan lemak visceral dan IL-6 (r=-0,150; p=0,257), serta antara lingkar pinggang dan IL-6 (r=-0,201;p=0,127).
Kesimpulan: Tidak terdapat korelasi antara ketebalan lemak visceral dan ukuran lingkar pinggang dengan interleukin-6 pada wanita obesitas dewasa muda.

Kata Kunci: Ketebalan lemak visceral, lingkar pinggang, ultrasonografi, interleukin-6, obesitas, wanita dewasa muda

Item Type: Thesis (Masters)
Uncontrolled Keywords: Ketebalan lemak visceral, lingkar pinggang, ultrasonografi, interleukin-6, obesitas, wanita dewasa muda
Subjects: Medicine
Divisions: Faculty of Medicine > Master Program of Specialist Medical
Depositing User: Upload Mandiri FK
Date Deposited: 25 Jun 2024 06:53
Last Modified: 25 Jun 2024 06:53
URI: https://eprints2.undip.ac.id/id/eprint/23946

Actions (login required)

View Item View Item