Search for collections on Undip Repository

GAMBARAN KEPADATAN LARVA VEKTOR DEMAM BERDARAH DENGUE, KARAKTERISTIK KONTAINER DAN ANALISIS SPASIAL KASUS DEMAM BERDARAH DENGUE DI KELURAHAN PANGGUNG KOTA TEGALTAHUN 2023

NURSANTI, AULIA DWI (2024) GAMBARAN KEPADATAN LARVA VEKTOR DEMAM BERDARAH DENGUE, KARAKTERISTIK KONTAINER DAN ANALISIS SPASIAL KASUS DEMAM BERDARAH DENGUE DI KELURAHAN PANGGUNG KOTA TEGALTAHUN 2023. Undergraduate thesis, Universitas Diponegoro.

[img] Text
REPO AULIA DWI.pdf - Published Version

Download (490kB)

Abstract

Kelurahan Panggung memiliki kejadian DBD paling tinggi di Kota Tegal dengan 8 angka kejadian DBD dan 2 kematian akibat DBD di 2022. Kepadatan larva vector yang tinggi dapat menyebabkan kejadian DBD di suatu wilayah yang diukur dengan angka (DF). Penelitian ini bertujuan untuk memberikan gambaran terkait kepadatan larva, karakteristik kontainer, praktik PSN, dan analisis spasial. Jenis penelitian ini adalah dekriptif observasional dengan model studi cross-sectional. Sampel penelitian ini adalah 40 rumah dengan menggunakan simple random sampling. Hasil penelitian ini adalah 3 kasus ditemukan di wilayah Kelurahan Panggung dengan kepadatan sedang (DF=4) dan RW9 merupakan RW dengan tingkat kepadatan paling tingi (DF=6). Karakteristik kontainer yang paling sering ditemui larva adalah TPA, keramik dan plastic, warna terang, air sumur, dalam rumah, tanpa tutup. Ditemukan larva positif pada 55,5% responden memiliki praktik PSN baik. Analisis spasial buffer kasus 100 meter ditemukan larva positif, rata-rata suhu 25-300C, rata-rata pH 7-8,6, pola sebaran menyebar (ANN>1) dengan jarak 369,09 meter. Kesimpulan penelitian demam berdarah di Kelurahan Panggung tingkat sedang karena migrasi vector.
Kata kunci : kepadatan larva, karakteristik kontainer, analisis spasial, PSN, DBD

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Subjects: Public Health
Divisions: Faculty of Public Health > Department of Public Health
Depositing User: endah nurkhayati
Date Deposited: 25 Jun 2024 02:56
Last Modified: 25 Jun 2024 02:56
URI: https://eprints2.undip.ac.id/id/eprint/23945

Actions (login required)

View Item View Item